04 June 2022, 19:12 WIB

Jokowi Harap Formula E Tarik Minat Masyarakat Pakai Mobil Listrik


Indriyani Astuti |

PRESIDEN Joko Widodo menyaksikan langsung ajang balapan mobil listrik Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit. 

Kepala Negara berharap melalui acara tersebut, semakin menarik minat masyarakat terhadap penggunaan mobil listrik. Dirinya pun menilai Jakarta E-Prix 2022 berjalan lancar dan baik.

"Saya kira ini event masa depan, karena kita tahu nanti ada pergeseran. Dari mobil yang sekarang banyak ke pemakaian mobil listrik," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di kawasan Ancol, Sabtu (4/6).

Baca juga: Mitch Evans Juarai Jakarta E-Prix

Menurut Presiden, Jakarta E-Prix 2022 bakal menjadi sebuah tontonan yang digemari masyarakat. Selain itu, ajang tersebut memberi dampak positif bagi Indonesia. 

Apalagi, Indonesia tengah membangun ekosistem baterai listrik, yang akan digunakan untuk kendaraan ramah lingkungan. Infrastruktur yang dibutuhkan mulai dari nikel raw material, smelter, industri lithium baterai dan mobil listrik.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," imbuhnya.

Jokowi juga menyatakan dukungan terhadap wacana dua seri ajang balapan tersebut digelar di Indonesia. Pemerintah disebutnya sangat mendukung penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022. 

Baca juga: Sensasi Naik Safety Car Formula-e, Anies: Roller Coaster Kalah

Mulai dari pembangunan sirkuit, di mana Presiden turun langsung untuk melihat kesiapannya. Lalu, masuknya barang terkait penyelenggaraan Formula E juga didukung banyak instansi. Seperti, pemberian izin dari Ditjen Bea dan Cukai.

"Lebih baik kalau sebuah sirkuit semakin banyak event-nya, akan semakin baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus. Setiap tahun 10 kali, 14 kali akan lebih baik," pungkas Presiden.

Presiden Jokowi tiba di Sirkuit Formula E Ancol pada Sabut (4/6) siang. Dia disambut oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Gubernur DKI Anies Baswedan, hingga Formula E Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT