03 June 2022, 19:53 WIB

Jemaah haji Indonesia Diimbau Tetap Gunakan Masker Selama di Arab Saudi


Susanto, dari Madinah, Arab Saudi |

DUTA Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad menegaskan kesiapan Pemerintah Arab Saudi untuk menyambut jemaah haji Indonesia. Segala faslitas yang diperlukan disebutnya sudah disiapkan.

"Kita patut berbangga pemerintah Arab Saudi sudah menyiapkan semuanya dengan sangat luar biasa. Bagi saya ini mukjizat. Karena situasinya berbeda dengan sebelumnya," ungkapnya kepada petugas PPIH Media Center Haji (MCH) dalam wawancara di kantor Daker Madinah Al-Mashani, Syar'i Syuhada, Madinah, Arab Saudi, Jumat (3/6).

Saat ini katanya, sudah banyak yang berbeda jika dibandingkan pada saat pandemi. Sudah banyak jemaah atau warga asli Arab Saudi yang sudah tidak menggunakan masker. Tapi karena cuaca sangat ektrem, khususnya bagi jemaah haji asal Indonesia, Abdul Aziz mengimbau agar jemaah tetap mengenakan masker. 

"Lebih baik tetap pakai masker. Supaya terbebas dari kondisi yang ada di Arab Saudi," ujarnya mengingatkan.

Baca juga : Keppres Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 Sudah Ditandatangi Presiden

Pemerintah Arab Saudi sudah banyak memberikan kemudahan-kemudahan. Penggunaan masker secara resmi sudah bukan mnjadi kewajiban untuk masuk ke Arab Saudi. 

"Tapi ada baiknya pakai masker untuk kita sendiri. Terutama bagi jemaah yang ada gangguan flu dan batuk. Lebih baik pakai masker. Lebih aman pakai masker" pesannya.

Bagi jemaah haji secara umum, sudah tidak ada pembatasan. Tapi pemerintah Arab Saudi mewajibkan Jemaah Haji Indonesia untuk vaksin dan booster di tanah air atau di negara asalnya. 

"Itu wajib diikuti. Walau dalam kondisi sehat, harus tetap PCR" tutupnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT