03 June 2022, 11:21 WIB

PPIH Madinah Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia


Susanto |

PETUGAS Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2022 di Arab Saudi, sudah siap menyambut jemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia) di wilayah Madinah. Sudah ada 126 petugas haji (PPIH) yang bertugas di Daerah kerja (Daker) Madinah. 

Kepala Daker Madinah (Kadaker) Amin Handoyo, saat ditemui awak media di kantor Daker Madinah, Jumat (3/6/2022) menyebutkan, para petugas sudah siap menyambut tamu Allah dari Indonesia. Dari 126 PPIH dan ada tiga sektor yang sudah siap bertugas di beberapa titik di Madinah.

"Mulai dari sektor 1 sampai Sektor 3," jelasnya.

Baca juga: Tantangan Haji 2022 Covid-19 dan Puncak Suhu Panas, Ini Solusinya

Baca juga: Rekosistem Bantu Korporasi dan Rumah Tangga Kelola Sampah Daur Ulang

Pemondokan sudah disiapkan sebanyak 126 hotel untuk jemaah calon haji selama di Madinah. Untuk hotel jemaah semua di wilayah Markaziah paling jauh 500 meter dari Masjid Nabawi.

Terkait beberapa hal terkait aturan pandemi soal jemaah haji, Amin Handoyo menyampaikan bahwa belum ada Ta'limatul Haj dari pemerintah Arab Saudi.

"Terkait soal PCR, phsycal distancing (jaga jarak), sosial distancing sudah tidak ada. Soal vaksin, masker dan lainnya di pemondokan, sampai detik ini belum ada Ta'limatul Haj dari pemerintah Arab Saudi. Di ruang terbuka atau tertutup belum ada aturan khusus harus pakai masker bagi jemaah haji," terangnya.

Namun, Amin Handoyo terus mengingatkan kepada calon jemaah haji untuk banyak minum air, menjaga betul kondisi kesehatan badannya. Karena cuaca di Arab Saudi untuk siang hari rata-rata sudah mencapai 45 derajat Celsius. "Banyak air minum. Jaga kesehatan. Itu pesan saya pada jemaah," katanya.

Khusus bagi petugas haji tambahnya, harus juga lebih sehat dan fit kondisi badannya. Karena tugasnya lebih berat. Yakni melayani dan menjaga tamu-tamu Allah.

"Kenali lokasi. Jangan sampai ada jemaah tidak tahu arah, niat mau membantu jemaah malah tidak tahu arah," tutupnya. (H-3)

BERITA TERKAIT