31 May 2022, 08:30 WIB

Provinsi Gyeongnam Promosikan Pariwisata Lewat Pameran Foto


Basuki Eka Purnama |

KOREAN Cultural Center Indonesia (KCCI) dan Korea Tourism Organization (KTO) menggelar acara pameran foto yang juga disertai berbagai kegiatan menarik di Kampung Korea, Desa Kaduengang, Kecamatan Kadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (30/5).

Acara tersebut juga didukung dan diisi oleh kantor perwakilan Provinsi Gyeongsangnam-do, Gyeongnam Jakarta Office. 

Dalam acara tersebut Gyeongnam Jakarta Office memperkenalkan keindahan pariwisata Provinsi Gyeongsangnam-do, atau biasa disingkat menjadi Gyeongnam, kepada warga Desa Kaduengang dan pengunjung Kampung Korea. 

Baca juga: KCCI Kembali Gelar K-Pop Academy

Gyeongsangnam-do, yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Provinsi Gyeongsang Selatan, dikenal sebagai provinsi yang menghasilkan buah stroberi terbaik yang dieskpor ke luar negeri. Stroberi asal Provinsi Gyeongsang terkenal dengan rasanya yang manis sehingga memikat selera masyarakat Indonesia.

Provinsi Gyeongnam juga dikenal karena beberapa festival tingkat nasional dan internasional yang diadakan sepanjang tahun di 18 kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Gyeongnam. 

Beberapa festival terkenal yang sangat dinantikan oleh tidak hanya masyarakat Korea, tetapi juga masyarakat dunia adalah Festival Bunga Cherry Blossom Jinhae Gunhangje di Kota Changwon, ibu kota Gyeongnam, dan juga Festival Lentera Yudeung Sungai Namgang di Kota Jinju. 

Selain kedua festival yang menampilkan keindahan alam di Gyeongnam, provinsi ini juga terkenal sebagai destinasi salah satu festival K-Pop terbesar di Korea, yaitu Changwon K-Pop Festival.

Selain memperkenalkan Gyeongnam kepada pengunjung dan warga di sekitar Kampung Korea, Gyeongnam Jakarta office juga mengajak pengunjung untuk melakukan kegiatan seperti mewarnai beberapa lokasi wisata Gyeongnam. 

Banyak peserta yang memiliki pengalaman menyenangkan mewarnai berbagai tempat wisata di Gyeongnam sambil melihat foto-foto yang dipamerkan. 

Pada kesempatan itu pula, Gyeongnam Jakarta Office memamerkan beberapa gambar hasil karya pemuda-pemudi Indonesia yang berpatisipasi dalam perlombaan menggambar yang diselenggarakan secara daring melalui Instagram dalam rangka perayaan 10 tahun keberadaan kantor perwakilan Provinsi Gyeongnam di Indonesia.

Kantor perwakilan Gyeongnam Jakarta pertama dibuka pada 21 Mei 2012 sebagai bagian dari agensi atau organisasi milik pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang mengurus bidang investasi dan perdagangan dengan tujuan memperkenalkan pariwisata dan menjalin kerjasama dengan Indonesia. 

Seiring meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap budaya dan pariwisata Korea, kantor Gyeongnam akan mempromosikan produk dan destinasi wisata Gyeongnam melalui berbagai acara dan akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan sektor perdagangan Indonesia.

Selain itu, untuk memperingati 10 tahun pembukaannya, kantor Gyeongnam Jakarta sedang mempersiapkan acara bersama dengan KCCI pada Juni mendatang dengan kegiatan membuat makanan tradisional khas Tongyeong, Chungmu Kimbab, dan menghias lentera untuk menyambut festival lentera Jinju yang akan digelar di Gyeongnam pada Oktober mendatang. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT