26 May 2022, 16:15 WIB

Bappenas: Media Ambil Peran Penting dalam Penyebaran Informasi Bencana


Atalya Puspa |

DELEGASI Indonesia di The Seventh Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 menekankan pentingnya kolaborasi untuk mencapai resiliensi berkelanjutan. Media memainkan peran penting dalam manajemen kebencanaan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Tata Ruang, Pertahanan dan Penanggulangan Bencana Bappenas Sumedi Andono Mulyono.

"Kolaborasi itu melibatkan pemerintah, pemerintah daerah, pelaku usaha, perguruan tinggi dan juga organisasi masyarakat dan tidak kalah pentignya adalah media," kata Sumedi dalam Konferensi Pers GPDRR 2022.

Sumedi mengungkapkan, kolaborasi yang dilakukan meliputi pengembangan manajemen kebencanaan, khususnya terkait data dan peta informasi, serta berbagi pengetahuan. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan one data one map policy yang dilakukan pemerintah. Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan target untuk mencapai resiliensi berkelanjutan akan lebih kuat dan cepat.

Sumedi melanjutkan, selain kolaborasi, hal-hal yang didorong Indonesia untuk menciptakan resiliensi berkelanjutan ialah transformasi digital dalam penyebaran informasi kebencanaan di tingkat masyarakat.

"Pengalaman ini yang kami sampaikan di dalam dialog-dialog di tingkat diskusi tematik maupun high level dialogue," imbuh dia.

Selain itu, Indonesia juga menekankan pentingnya upaya kerjasama dan fasilitasi untuk peningkatan kapasitas pemerintah daerah dan mobilisasi sumber pendanaan terintegrasi dalam penanganan bencana.

Lainnya yang tak kalah penting ialah fasilitasi dan perluasan peran pelaku usaha dalam penanggulangan bencana. Tidak hanya pada saat terjadi bencana tapi juga pascabencana.

"Delegasi Indonesia mempunyai harapan agar hasil GPDRR ini menjadi masukan bagi United Nations Office for Disaster Risk Reduction, terutama dalam memperkuat dan memperluas kerja sama internasional yang lebih berkualitas," ungkap dia. (H-2)

 

BERITA TERKAIT