26 May 2022, 15:15 WIB

BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah


Ferdian Ananda Majni |

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia selama tiga hari ke depan pada 26-28 Mei 2022. Sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan pusat tekanan rendah terpantau di Samudera Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, dari pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, dan dari Jawa Barat hingga Samudra Hindia selatan Jawa Tengah.

"Sirkulasi siklonik terpantau berada di Maluku Utara dan Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Maluku hingga Laut Halmahera dan di Samudra Pasifik utara Papua," kata Guswanto diminta keterangannya Kamis (26/5).

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah tekanan rendah/sirkulasi/konvergensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin permukaan terpantau di Laut Andaman, perairan utara Aceh, Selat Malaka bagian utara, Teluk Thailand, dan Laut Natuna utara hingga mencapai >25 knot, kondisi ini dapat memicu peningkatan tinggi gelombang di wilayah perairan.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari ini, Kamis (26/5) meliputi wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.

Pada Jumat (27/5), daerah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petur dan angin kencang tersebar di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Selain itu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Selanjutnya Sabtu (28/5) meliputi Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Kamis (26/5) adalah DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Jumat (27/5) meliputi Kalimantan Timur, Papua Barat serta Sabtu (38/5) meliputi Bali, Nusa, Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi angin kencang hingga Sabtu (28/5) hanya wilayah Aceh. (H-2)

BERITA TERKAIT