26 May 2022, 10:42 WIB

Peringati Hari Bumi, Aeon Mall Donasikan Pakaian dan Buku


mediaindonesia.com |

PT Aeon Mall Indonesia turut berpartisipasi dalam “Earth Day” atau “Hari Bumi” yang setiap tahun diperingati pada 22 April, dengan menggelar sejumlah aktivitas di Aeon Mall BSD City, Aeon Mall Jakarta Garden City, Aeon Mall Sentul City, serta Aeon Mall Tanjung Barat.

Berdonasi pakaian dan buku layak pakai merupakan salah satu aktivitas yang berpedoman pada Sustainable Development Goals (SDGs) dengan metode 6R (Rethink, Reduce, Reuse, Recycle, Repair, and Returnable), yang dilakukan secara serempak di empat pusat perbelanjaan di bawah naungan PT Aeon Indonesia.

“Kegiatan donasi di Hari Bumi ini digerakkan dalam mewujudkan visi global Aeon Mall, menjadi fasilitas komersial dengan melibatkan masyarakat dalam menghasilkan cara hidup yang baik untuk masa depan, dengan tidak hanya meningkatkan nilai ekonomi tetapi juga nilai sosial,jelas President Director PT Aeon Mall Indonesia Takashi Okada dalam keterangan, Kamis (26/5).

Baca juga: Peringati Hari Bumi 2022, Blibli Ajak Kelola Sampah Kemasan dan Terapkan Gaya Hidup 6R

“Dampak dari banyaknya pakaian dan buku bekas yang terbuang hingga berpotensi merusak lingkungan, mendorong PT Aeon Mall Indonesia  untuk melakukan aktivitas sosial ini," katanya.

"Kami memberikan wadah bagi para pengunjung untuk dapat menempatkan pakaian atau buku di kotak donasi yang tersebar di seluruh Aeon Mall di Indonesia,jelas Takashi.

Dengan mendonasikan baju, para donor pun mendapatkan edukasi tentang manfaat terhadap pakaian yang masih layak pakai, dalam mengurangi dampak negatif bagi bumi yang kelak ditempati oleh generasi mendatang.

“Kami berterima kasih kepada para pengunjung atas dukungan serta berkontribusinya selama kegiatan sosial ini berlangsung pada 22–24 April 2022 ini," jelas Senior Operation Manager PT Aeon Mall Indonesia Juanita Rustandi.

Di penghujung kegiatan, terkumpul sebanyak 4.913 pakaian dan 2.298 buku yang merupakan hasil donasi dari pengunjung,

"Mereka datang ke setiap mal yang kami kelola untuk mendonasikan pakaian begitu pun buku yang dapat digunakan kembali di kemudian hari oleh orang-orang yang membutuhkan, jekata Juanita

Donasi pakaian dan buku yang sudah terkumpul dari masing–masing pusat perbelanjaan tersebut, telah disalurkan ke sejumlah yayasan, antara lain Yayasan Panti Asuhan Maktabul Aitam di Tangerang Selatan, Pondok Yatim & Dhuafa Asauliah, Yayasan D’arul Hikmah, Lembaga Penyantun Anak Guna Nanda di Cakung, Jakarta Timur, yang menaungi anak–anak yatim piatu dan terlantar.

Kemudian, Bogor Gercep, yang merupakan aksi gerak cepat program kemanusiaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor yang menyalurkan donasinya kepada warga di Kecamatan Caringin dan Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Lalu, Himaja atau Himpunan Mahasiswa Japanologi Program Studi Jepang S-1 FIB Universitas Indonesia, yang memberikan pakaian dan buku layak pakai yang terkumpul kepada Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 Cengkareng.

“Kami pun berharap, tanggapan positif dari khalayak dapat memberikan dampak positif pula dalam mewujudkan lingkungan yang lebih hijau bagi generasi mendatang,” tambah Juanita.

Saat ini, tak sedikit orang di Indonesia yang menerapkan gaya hidup hijau dengan memilah sampah untuk didaur ulang, tak terkecuali untuk pakaian.

Produk pakaian yang lekas berganti tren, justru dapat memunculkan masalah sampah yang tak terurai.

Oleh karenanya, aktivitas sosial ini akan dilakukan setiap tahun, yang diharapkan dapat menjadi salah satu jalan keluar bagi para pelanggan Aeon Mall Indonesia dalam mengelola pakaian bekas.(RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT