17 May 2022, 14:30 WIB

UTBK-SBMPTN 2022, Peserta Keluhkan Sulitnya Soal Ujian


Faustinus Nua |

HARI pertama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 sudah dimulai hari ini, Selasa (17/5). Puluhan ribu peserta atau calon mahasiswa sudah mengikuti ujian sesi pertama atau sesi pagi di berbagai lokasi Pusat UTBK yang ada di setiap daerah.

Di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sejumlah peserta mengeluhkan kesulitan mengerjakan soal-soal ujian. Bahkan, ada peserta yang mengakui soal ujian tahun ini lebih sulit dari pada tahun sebelumnya.

"Kendala tidak ada, cuma untuk soal mungkin lebih susah daripada tahun lalu," kata Immanuel, salah satu peserta UTBK-SBMPTN 2022 saat ditemui Media Indonesia seusai ujian sesi pagi, Selasa (17/5).

Baca juga: Psikologi Jadi Prodi Favorit Peserta UTBK-SBMPTN 2022 di UNJ

Baca juga: Hari Pertama UTBK-SBMPTN, 2.080 Peserta Ikuti Ujian di Pusat UTBK UNJ

Pemuda 19 tahun lulusan SMA 54 Jakarta tahun 2021 itu mengaku sudah pernah mengikuti UTBK-SBMPTN tahun sebelumnya. Kali ini merupakan tahun kedua dirinya mengikuti UTBK dan dia merasa kesulitan mengerjakan jenis soal fisika dan kimia. "Soal sulit bagian fisika dan kimia dibandingkan dengan tahun lalu," imbuhnya.

Peserta lainnya, Anisa (18) mengungkapkan bahwa dirinya sudah melakukan persiapan mengikuti UTBK-SBMPTN sejak Desember tahun lalu. Akan tetapi, soal yang dikerjakannya hari ini ternyata di luar dugaan.

"Gampang-gampang susah. Semua di luar perkiraan, yang matematika apalagi," keluhnya.

Merasa kesulitan, Anisa pun tidak sempat menyelesaikan semua soal. Dirinya mengerjakan soal yang dirasanya mampu atau lebih mudah terdahulu.

Sementara itu, Miftachul Syahirani (19) merasa optimis bisa mendapat hasil terbaik dari ujian kali ini. Meski cukup sulit mengerjakan soal-soal, dirinya tetap berharap bisa lulus UTBK-SBMPTN.

"Dari awal Januari mulai belajar. (Semalam) mengulas materi sebelumnya," kata dia.

Adapun, soal-soal UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Bahasa Inggris, Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek/Soshum. Untuk TPS dan Bahasa Inggris disediakan waktu 1 jam 45 menit. Sementara TKA diberi waktu selama 1 jam 30 menit.(H-3)

BERITA TERKAIT