14 May 2022, 15:51 WIB

Kapolri: Buruh Punya Peran dalam Pembangunan Indonesia


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

KAPOLRI Jendral Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara Mayday Fiesta, yang merupakan puncak peringatan Hari Buruh Sedunia pada 1 Mei lalu.

Dari pantauan Media Indonesia, Sabtu (14/5), Listyo datang ke dalam Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pukul 14.30 WIB. Dia pun langsung dijemputs Presiden Partai Buruh Said Iqbal dan Presiden KSPSI Andi Gani.

Selanjutnya, Listyo didampingi Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya berjalan bersama perwakilan buruh menuju panggung utama. Dia menyampaikan pidato sambil melewati ribuan buruh yang duduk di bangku tribun penonton.

Baca juga: Kapolda Metro Borong Dagangan PKL di Tengah Aksi Buruh

Di atas panggung utama, Listyo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Mayday Fiesta yang berjalan tertib. Pihaknya juga turut mengucapkan ulang tahun kepada seluruh buruh di dunia.

"Tentunya saya selaku Kapolri mewakili  institusi Polri, dari lubuk hati yang paling dalam, selamat ulang tahun kepada seluruh buruh di Indonesia maupun dunia," ujar Listyo, Sabtu (14/5).

Menurutnya, buruh memiliki peran sebagai salah satu faktor utama pembangunan di Indonesia. Saat ini, Indonesia sedang dalam masa peralihan dari negara konsumen menjadi negara produsen, yang merupakan berkat buruh.

Baca juga: Gelar Aksi Protes, Ini Tiga Tuntutan Buruh

"Indonesia sedang bergerak menuju negara produsen. Itu butuh support dan andil buruh. Rekan buruh untuk ikut berkontribusi di dalamnya," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau buruh untuk menyampaikan aspirasi dalam Mayday Fiesta, dengan tetap menaati aturan yang berlaku.

"Kita minta semua dilaksanakan sesuai aturan UU, sesuai aturan konsitutusi. Alhamdulillah semua bisa ditunjukkan," imbuh Listyo.

Pihaknya menekankan bahwa penanganan covid-19 di Indonesia semakin membaik. Capaian vaksinasi sebanyak 400 juta dosis, menjadikan Indonesia sebagai negara kelima terbesar penyimbang vaksin covid-19.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT