13 May 2022, 21:42 WIB

Catat, Ini Cara Mudah dan Menyenangkan bagi Anak untuk Memahami Perkalian


Miskah Syifa Putri | Humaniora

MATEMATIKA merupakan mata pelajaran yang dianggap susah. Dasar matematika yaitu pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Salah satunya yaitu perkalian bisa dibilang sulit untuk dipelajari terutama bagi anak yang baru belajar perkalian.

Untuk itu, sikap aktif orang tua dalam mengajari anaknya menghafal perkalian sangatlah dibutuhkan. Berikut beberapa cara cepat menghafal perkalian 1-10 yang bisa dilakukan agar anak mudah untuk mempelajarinya.

1. Mulai dari yang mudah

Cara mengajarkan anak perkalian yang pertama adalah dimulai dari angka yang mudah, yaitu angka 1. Kemudian, para pakar pendidikan di EduNation Limited, merekomendasikan untuk melanjutkan hafalan sesuai urutan kelompok angka perkalian yang termudah sampai tersulit, yaitu: 10, 5, 2, dan 4. Bila tabel perkalian dari kelima angka tadi sudah dihafalkan di luar kepala, baru lanjutkan dengan menghapal perkalian 9, 6, 3, 8, dan 7.

2. Beri pemahaman dasar perkalian

Dalam mempelajari cara cepar menghafal perkalian, anak harus memahami konsep dasar dari perkalian tersebut. Jika baru pertama kali belajar, anak bisa memahami perkalian melalui bentuk penjumlahan, contohnya 5x4 sama dengan 5+5+5+5.

3. Ulangi dahulu dan koreksi

Cobalah untuk memberi anak-anak beberapa ulasan untuk perkalian sebelumnya secara berurutan atau acak sebelum memperkenalkan mereka pada perkalian baru. 

Misalnya, dengan memberikan kesempatan untuk anak melafalkan perkalian 1–10 yang telah dipelajari atau mengetes kemampuan menggunakan beberapa tes perkalian tertulis. Koreksi sampai mana jawaban benar dan mana yang salah. 

Baca juga : 

Dan juga bisa mengajukan pertanyaan perkalian secara lisan dan biarkan anak menjawab dengan cepat. Dengan demikian, kita bisa tahu perkembangan anak dalam belajar perkalian. 

4. Memanfaatkan poster dan gambar

Banyak anak yang lebih mudah belajar melalui visual yang dilihatnya. Anda dapat membantu anak dengan memasang poster atau kartu perkalian di dinding. Bisa di ruang makan, kamar tidur, ruang tamu, dan ke mana saja anak-anak bisa pergi.

5. Bantu latihan menggunakan permainan

Anak dapat belajar kapan pun dan dimana pun. Dengan begitu, kita juga bisa menyediakan permainan untuk belajar perkalian. Misalnya, dengan permainan papan atau kartu. Jika pun memungkinkan, kita juga bisa memanfaatkan teknologi dengan cara mengunduh aplikasi perkalian di gadget.

Biasanya, aplikasi perkalian tersebut terdiri dari video pembelajaran dan soal-soal perkalian. Carilah pembelajaran dengan cara yang menarik nan menyenangkan. Pastikan juga metode belajar dengan mainan ini nyaman bagi anak. 

6. Beri apresiasi

Cara cepat menghafal perkalian selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengapresiasi kemajuan yang dibuat oleh anak dalam menghafal perkalian. Untuk orang tua, dalam menanggapi kemajuan yang dibuat oleh anak, bisa memberi hadiah dan memujinya untuk membuatnya lebih bersemangat.

Orang tua juga perlu memantau nilai anak di sekolah. Dalam hal ini tentunya nilai hafalan perkaliannya. Dengan begitu, orang tua akan lebih tau apakah cara pembelajaran yang dipelajari anak selama ini berhasil atau tidak. 

(OL-7)

BERITA TERKAIT