13 May 2022, 15:04 WIB

7 dari 18 Anak yang Bergejala Hepatitis Akut Meninggal Dunia


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mencatat hingga kini sudah ada 18 kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Etiology) dan 7 di antaranya sudah meninggal dunia. Sebanyak 18 pasien tersebut tersebar di berbagai daerah dan DKI Jakarta paling banyak dengan 12 kasus.

Sebaran pasien antara lain 12 pasien dari Jakarta, kemudian dari Kepulauan Babel, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur yang masing-masing 1 pasien.

"Sampai saat ini ada 18 kasus yang bergejala, dengan disebut Acute Hepatitis of Unknown Etiology dari 18 kasus ini probable ada 1 orang, kemudian pending classfication ada 9, discarded ada 7 orang, dan masih proses verifikasi 1 orang," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Jakarta Mohammad Syahril dalam konferensi pers Update Perkembangan Kasus Hepatitis di Indonesia secara daring, Jumat (13/5).

Dari 7 pasien discarded 1 pasin mengalami hepatitis A reaktif, 1 pasien hepatitiss B reaktif, 1 pasien tifoid positif, 2 pasien DBD, dan 2 pasien berumur di atas 16 tahun. Kemudian dari 18 kasus 9 laki-laki, 8 perempuan, dan 1 lagi masih dilakukan verifikasi. Usia pasien pun rata-rata masih 5-9 tahun dan 15-20 tahun ada 4 orang.

Baca juga: Skema Pascapandemi Disiapkan, Masyarakat Diminta Tak Kendur Prokes

"Gejala yang muncul pun beragam mulai dari demam, mual, muntah, hilang nafsu maka, diare akut, malaise, nyeri bagian perut, Athalgia, sklera, gatal, urin seperti teh/cola, perubahan warna feses, dan sesak nafas," ujar Syahril.

Sementara pada situasi global saat ini sudah ada 20 negara terkait terjadinya Hepatitis akut dan sudah ada setidaknya 228 kasus kejadian. Sehingga ini menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia dan juga global akibat hepatitis akut ini.

Dari 20 negara yang melaporkan terjadinya hepatitis akut Inggris Raya menjadi negara yang paling banyak melaporkan kasus yakni 114 kasus dan Italia sebanyak 35 kasus. Pasien dari inggris Raya rata-rata berumur 18 bulan hingga 16 tahun, sementara dari Italia berumur kurang dari 16 tahun. (OL-4)

BERITA TERKAIT