11 May 2022, 10:30 WIB

Mata Menguning Tidak Selalu Hepatitis Akut


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Masyarakat diharapkan jangan panik ketika mengetahui mata anak menguning karena mata menguning belum tentu mengalami Hepatitis Akut, namun orang tua agar cepat membawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat untuk diperiksa.

"Yang perlu kita perhatikan bahwa mata menguning tidak selalu karena Hepatitis," kata Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Prof. dr. Ari Fahrial Syam, Kemarin (10/5).

Hepatitis merupakan peradangan hati, secara klinikal praktis yang sering ditemui adalah Hepatitis A, B, C, D, dan E. Bisa juga dalam kondisi lain yakni Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tipes yang menyebabkan liver terganggu sehingga mata menguning.

"Kuning juga bisa karena sumbatan dari saluran empedu oleh batu atau tumor itu pasiennya pun kuning juga," ujarnya.

Kasus hepatitis akut yang terjadi dengan gejala mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran. Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah). Sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam.

"Jadi ini masyarakat memang bisa memahami bahwa kuning itu pasien yang mengalami matanya kuning atau tadi urinnya berwarna teh/cola tidak melulu oleh karena virus 'masih misterius' yang tepat kita bilang Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT