10 May 2022, 22:20 WIB

Media Academy Beri Pelatihan Jurnalistik di Seskoad


Tri Subarkah | Humaniora

YAYASAN Surya Citra Bangsa (Media Academy) menandatangani nota kesepakatan dengan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) untuk kegiatan pelatihan Media Week Dikreg 62 Seskoad. Penandatanganan dilakukan oleh CEO Media Group sekaligus Ketua Media Academy Muhammad Mirdal Akib dengan Komandan Seksoad Mayjen Anton Nugroho di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Selasa (10/5).

Kegiatan pelatihan Media Week Dikreg 62 Tahun Ajaran 2022 akan berlangsung pada 13 sampai 17 Juni 2022. Nantinya, beberapa tenaga didik dari Media Academy akan berbagi ilmu di Seskoad terkait dengan jurnalistik.

Menurut Mirdal, beberapa ilmu yang akan diberikan dari Media Academy ke Seksoad adalah bagaimana berbicara di hadapan media, menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan menyikapi berita bohong atau hoaks. 

"Media Academy akan bersama-sama kolaborasi bagaimana kemudian meningkatkan capacity building, khususnya di bidang informasi dan komunikasi," ujar Mirdal.

Selain itu, Mirdal juga mengatakan pihaknya akan memberikan pelatihan mengelola media, membangun sistem komunikasi yang efektif, dan menyampaikan hal strategis termasuk strategic thinking.

Baca juga : Hindari Penyakit Keturunan Talasemia dengan Deteksi Dini

Seskoad sendiri menyambut positif kerja sama yang dilakukan antara pihaknya dan Media Academy. Dengan kerja sama itu, Anton berharap siswa yang sedang menjalani pendidikan di Seskoad mendapat berbagai ilmu berbicara di depan media dan menghadapi wartawan.

"(Misalnya) melaksanakan konferensi pers, dan ilmu-ilmu media seperti tampil di depan publik. Nah itu mereka bisa punya kepercayaan diri di dalam berbicara di depan publik," jelas Anton.

Di akhir acara penandatanganan nota kesepakatan tersebut, pihak Seskoad menyempatkan waktu berkeliling untuk melihat alur kerja dan kondisi newsroom di Metro TV. Kegiatan itu didampingi langsung oleh Pemimpin Redaksi Metro TV Arief Suditomo.

Media Week Dikreg 62 Seskoad Tahun Ajaran 2022 sendiri rencananya ditutup langsung oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman. (Tri)

BERITA TERKAIT