10 May 2022, 12:30 WIB

Kemenkes Diminta Percepat Skenario PCR Jemaah Haji


M. Iqbal Al Machmudi |

DIRJEN Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempercepat dan mensosialisasikan pemberian vaksin kepada jemaah haji khususnya jemaah yang akan berangkat pada tahun ini.

Kemenkes juga diminta menyusun skenario pemberian PCR dengan hasil negatif Covid-19 72 jam sebelum jemaah berangkat ke Arab Saudi.

"Kemenkes bisa mempercepat pemberian vaksin dosis lengkap kepada jemaah," kata Hilman, Selasa (10/5).

Terkait pemberian dan penyerahan hasil tes PCR dengan hasil negatif sebelum 72 jam sebelum Keberangkatan ke Saudi, Hilman menegaskan agar Kemenkes menyusun skenario tersebut sehingga jemaah haji saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah keluar hasil PCR negatifnya.

Baca juga: Jemaah Haji di Atas 65 Tahun Dapat Prioritas Diberangkatkan Tahun Depan 

"Kemenkes juga harus menyusun skenario pemberian PCR 72 jam dengan hasil negatif sebelum jemaah diberangkatkan, sehingga saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah clear," ujar Hilman.

Sementara itu Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana meminta Ditjen PHU agar segera menyusun Surat Edaran (SE) pemberian vaksin kepada jemaah haji. Menurutnya dengan adanya SE tersebut bisa mempercepat pemberian vaksin covid-19 dan vaksin meningitis.

"Di lapangan, jemaah haji sering meminta apakah ada surat edaran dari Kemenag terkait pemberian vaksin tersebut," kata Budi. (Iam/OL-09)

BERITA TERKAIT