06 May 2022, 14:15 WIB

Jelang Keberangkatan Haji, Saudi Hentikan Izin Umrah


Dinda Shabrina |

MENJELANG waktu keberangkatan haji kloter pertama, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan aturan baru, yakni penghentian izin umrah.

Dalam hal ini, aturan yang berlaku awal Juni 2022, menyasar jemaah atau umat Muslim dari luar negeri. Kebijakan tersebut diambil untuk persiapan menjelang musim haji 1443 H.

Menanggapi aturan itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Azhar Gazali mengatakan pemberhentian izin umrah memang perlu dilakukan, karena sudah memasuki musim haji.

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diantisipasi Jemaah Haji

“Jadi disetop karena memang sudah masuk musim haji. Tapi, masih ada keberangkatan (umrah) pada saat awal keberangkatan haji itu,” jelas Azhar kepada Media Indonesia, Kamis (5/5).

Sampai saat ini, lanjut dia, masih ada keberangkatan umrah sampai awal keberangkatan haji. Patokan belum diberhentikannya izin umrah dapat sditandai dengan adanya penerbangan maskapai Saudi Airlines.

Baca juga: Pemerintah Terbitkan Keppres Biaya Haji, Catat Ini Besaran Biaya Haji 2022

“Kita lihat saja penerbangan Saudi Airlines. Kalau Arab Saudi masih masih buka penerbangan Saudi Airlines untuk umrah, berarti masih dibuka. Tapi ini sebentar lagi mau di-close,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia membenarkan adanya surat edaran terkait batas waktu pengurusan visa umrah.  “Jadi bukan mendadak ditutup. Nanti, kita mengikuti peraturan baru untuk mengikuti ibadah umrah tahun depan,” kata Azhar.

Hingga 24 Mei, pihaknya masih melakukan keberangkatan umrah, sebelum akhirnya pada awal Juni akan ditutup sementara untuk pelaksanaan haji 1443 H.(OL-11)

BERITA TERKAIT