02 May 2022, 11:56 WIB

Mahfud MD Sebut Idulfitri Momentum Menyucikan Kembali NKRI


Rahmatul Fajri |

MENKOPOLHUKAM Mahfud MD mengajak semua elemen menyucikan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H. Hal tersebut disampaikan Mahfud saat menjadi khatib pada Salat Idulfitri di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kompleks Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (2/5).

Mahfud mengatakan Idulfitri menjadi momentum bagi umat Islam untuk menyucikan diri dan saling bermaaf-maafan. Selain itu, sebagai makhluk sosial, ia juga meminta umat Islam untuk bersama-sama menyucikan kembali NKRI.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak kita kembali ke kesucian sebagai makhluk sosial, makhluk yang hidup bersama dan yang mempunyai negara yaitu NKRI. Jadi nkri adalah entitas kenyataan fakta yang juga harus disucikan kembali," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD Minta Masyarakat Jadikan Mudik Sebagai Ibadah

Mahfud menjelaskan menyucikan kembali NKRI maksudnya ialah mengembalikan negara ke idealisme asal dan filosofi pendiriannya. 

Ia mengatakan, berdasarkan UUD 1945, Indonesia mempunyai cita-cita untuk merdeka, bersatu, berdaulat, dan adil makmur. Ia berharap Indonesia segera meraih hal tersebut dan terus bersatu dalam perbedaan.

"Kita fitrahkan Indonesia ini kembali ke asal kejadian Indonesia itu merdeka, bersatu, berdaulat, mudah-mudahan bisa adil dan makmur, itu kefitrahan Indonesia yang ditulis dalam UUD bahwa kita bersatu dalam perbedaan, merdeka dalam kebersamaan, maju dalam kegotongroyongan, itu Indonesia," katanya. (OL-1)

BERITA TERKAIT