02 May 2022, 10:24 WIB

Mahfud MD Minta Masyarakat Jadikan Mudik Sebagai Ibadah


Rahmatul Fajri |

MENKO Polhukam Mahfud MD meminta masyarakat menjadikan tradisi mudik Lebaran sebagai ibadah. Hal tersebut ia sampaikan seusai menjadi khatib pada Salat Idulfitri di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kompleks Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (2/5).

Mahfud mengatakan dengan menjadikan tradisi mudik sebagai ibadah, maka perjalanan akan terasa nyaman dan menimbulkan kesejukan.

"Rakyatnya juga yang mudik sadar ini kehidupan kita bersama dan untuk ibadah, ibadah itu tidak boleh bikin kerusakan, ibadah itu selalu menimbulkan kenyamanan dan kesejukan," kata Mahfud.

Baca juga: Mudik 2022 Cerminan Masih Rapuhnya Angkutan Umum di Indonesia

Mahfud tidak menampik arus mudik tidak selalu mulus dan selalu ada masalah. Ia mengatakan pergerakan 87 juta orang dalam mudik tahun ini tentunya menyisakan masalah, seperti kemacetan panjang imbas kebijakan satu arah di jalan tol. Selain itu, kemacetan panjang juga terjadi saat pemudik akan menaiki kapal di pelabuhan.

"Alhamdulillah kita maksimalkan, meski memang di sana sini ada masalah, karena 87 juta rakyat itu bukan main banyaknya, sehingga bisa terjadi misalnya banyak orang yang karena tidak ngerti pengumuman lalu pada jam yang masih ditutup menyerbu ke pintu tol ya macet dong. Di Merak juga gitu," katanya.

Meski ada masalah selama mudik, Mahfud mengatakan pemerintah telah bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat yang mudik.

"Semuanya oleh pemerintah insyaallah bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya secara maksimal," katanya. (OL-1)

BERITA TERKAIT