28 April 2022, 15:50 WIB

Cegah Karhutla Meluas di Riau, KLHK Siagakan Helikopter


Dinda Shabrina |

DALAM upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta potensi kabut asap yang ditimbulkan di masa lebaran 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengirim satu unit helikopter di Provinsi Riau.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Basas Manullang mengatakan helikopter yang ditempatkan di Riau saat ini sebagai upaya antisipasi meluasnya titik karhutla yang biasanya naik pada musim kemarau.

“Memang sejak Januari terjadi. Tapi masih bisa terkontrol dengan koordinasi yang baik. Saat ini di Riau dalam rangka melaksanakan bagian dari solusi permanen. Kita sedang melakukan operasi TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca), bekerja sama dengan BRIN, Pemda, TNI dan kepolisian,” kata Basar kepada Media Indonesia, Kamis (28/4).

Pencegahan karhutla dengan operasi TMC, kata Basar cukup efektif dalam menaikkan curah hujan. Operasi ini telah berlangsung selama 14 hari di Riau.

Basar memastikan tahun ini tidak akan ada asap lintas batas. Ia menyebut pihaknya telah melakukan patroli terpadu dan patroli mandiri untuk pengendalian karhutla.

“Saya pastikan tidak ada asap lintas batas. Karena koordinasi antar pemangku kepentingan semakin baik menurut penilaian saya dalam 2 tahun terakhir,” imbuh Basar.

Sebagai upaya pencegahan, Basar menyebut penempatan helikopter bisa saja sewaktu-waktu dialihkan ke provinsi lain sesuai kebutuhan dan penetapan dari Pimpinan KLHK.

Hari ini helikopter Bell 412-EP langsung digunakan untuk melaksanakan patroli udara dan pengecekan karhutla ke beberapa lokasi rawan seperti Sam-Sam dan Lubuk Umbut (Siak), Bonai (Rokan Hulu), Mumugo (Rokan Hilir), Medang Kampai (Dumai), Tenggayun dan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil (Bengkalis).

“KLHK telah menyiapkan 239 anggota Manggala Agni di lima wilayah Provonsi Riau dan Kepulauan Riau. Kami menugaskan Manggala Agni untuk bersinergi bersama Tim Satgas Karhutla lainnya untuk pengendalian karhutla, terutama dalam mengantisipasi cuti bersama lebaran tahun 2022,” tutup Basar. (H-2)

BERITA TERKAIT