28 April 2022, 14:35 WIB

Covid-19 Masih Ada, Pakar Beri Tips Sehat Perjalanan Mudik


M Iqbal Al Machmudi |

DIREKTUR Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama berpesan kepada pemudik agar tetap sehat, aman, dan kuat selama di perjalanan. Pesan tersebut disingkat dengan MUDIK.

"Pertama M adalah memakai masker dan selalu rajin mencuci tangan. Tentu juga pemudik dan keluarga di kampung halaman sebaiknya sudah mendapat booster covid-19," kata Tjandra dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Kedua U yakni upayakan jangan ada dalam kerumunan berkepanjangan, dan selalu berusaha jaga jarak kalau terpaksa di dalam kerumunan.

Kemudian D yakni disiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan, ingat bukan tidak mungkin ada macet panjang. Siapkan makanan/minuman untuk di jalan, obat2an yang mungkin diperlukan serta bekal untuk anak-anak.

Keempat I adalah istirahat diperlukan kalau lelah berkendara, jangan dipaksakan. Sebaiknya juga sesudah 4 jam berturut-turut mengendarai kendaraan maka baiknya istirahat.

"Dan terakhir K yakni kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan baik, dan hati-hatilah berkendara, ikuti aturan lalu lintas dan arahan petugas," ujarnya.

Diketahui hari ini hingga H-1 lebaran sudah memasuki puncak mudik lebaran. Di Jawa Tengah saja peningkatan transportasi umum jarak jauh dan kendaraan pribadi naik hingga 200 persen. (H-2)

 

BERITA TERKAIT