27 April 2022, 21:16 WIB

Satgas Ungkap Booster Sinovac Efektif Hadapi Covid-19


Kautsar Bobi |

JURU bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisamito menyampaikan keputusan pemerintah untuk menggunakan Sinovac sebagai salah satu vaksin dosis ketiga atau booster. Hal itu tentu telah melalui pertimbangan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

"Pemerintah berkomitmen menyediakan setiap dosis vaksin yang efektif serta aman," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (27/4).

Wiku menjelaskan penyedian booster Sinovac sama dengan jenis vaksin lainnya. Pemerintah, kata Wiku, akan menambah stok vaksin Sinovac untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap booster.

"Pemerintah akan menambah pasokan vaksin agar dapat menambah kebutuhan baik dari mekanisme pembelian, ataupun kerjasama bilateral," terangnya.

Baca juga:  Tiga Dosis Vaksin Sinovac Mampu Cegah Dampak Terburuk Omikron di Hong Kong

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menjadikan vaksin Sinovac sebagai vakasin dosis ketiga atau booster. Hal itu didasari adanya rekomendasi penyediaan vaksin halal dari Putusan Mahkamah Agung.

"Untuk itu masyarakat yang merasa nyaman untuk menggunakan vaksin Sinovac, kami membuka peluang vaksin tersebut untuk bisa digunakan juga sebagai vaksin booster," tutur Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Nadia menyebut, saat ini pemerintah telah menyediakan enam jenis vaksin, terdiri dari vaksin sinovac, sstrazeneca, pfizer, moderna, Janssen, dan sinopharm. Vaksin tersebut diperoleh dengan berbagai skema. Melalui pembelian langsung, kerja sama bilateral dan multilateral, skema hibah, dan covax facility.(OL-5)

BERITA TERKAIT