26 April 2022, 18:55 WIB

Jokowi Dinilai Sukses Bangun Kompetensi Generasi Muda


Widhoroso |

PRESIDEN Joko Widodo dinilai sukses membangun kemampuan kompetensi dan mentalitas para generasi muda. Selama hampir dua periode kepemimpinannya, Jokowi memang memberi perhatian dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Perhatian besat Jokowi terhadap peningkatan SDM bangsa diakui oleh aktivis, Chrisman Damanik. Ia melihat, ada langkah strategis dari Jokowi yang tidak dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya dalam membangun kualitas bangsa. “Yang membedakan adalah Jokowi konsen terhadap kemampuan individu manusia dan kemudian mentalitas dari orang tersebut,” ujar Chrisman.

Langkah ini disebut Chrisman sebagai strategi jitu menghadapi persaingan global. Sebab menurutnya, kompetensi individu tanpa ada pembangunan mental ini akan menjadi persoalan.

"Jokowi sadar bahwa kalau hanya punya kemampuan individu tanpa ada pembangunan mental ini akan menjadi persoalan. Begitu juga kalau kita punya mental tanpa ada kemampuan kompetensi individu ini juga akan juga tidak bisa sempurna,” terang Chrisman.

Chrisman sangat memuji langkah Jokowi yang mampu melakukan peningkatan kompetensi sekaligus pembangunan mental para generasi muda ini. Dengan langkah tersebut, Chrisman optimistis Indonesia akan berjaya di masa depan.

"Jokowi punya satu cita-cita di 2045, Indonesia menjadi Indonesia emas. Ada pembangunan yang sempurna di situ. Karenanya pembangunan kompetensi dan pembangunan mental harus berjalan seimbang,” kata Chrisman. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT