23 April 2022, 12:19 WIB

BNPB: Banjir Melanda Desa Dawuan Tengah di Wilayah Karawang Berangsur Surut


M. Iqbal Al Machmudi |

BANJIR yang melanda Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Kawarang, Provinsi Jawa Barat, berangsur surut. Kondisi ini terpantau BPBD pada Sabtu pagi (23/4) dengan ketinggian muka air berkisar antara 20 sentimeter.

"Menurut laporan BPBD, sebanyak 600 KK atau 1200 jiwa di Desa Dawuan Tengah terdampak banjir tersebut. Di samping itu, sebanyak 450 unit rumah dilaporkan terendam genangan banjir," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (23/4).

Dalam upaya penanganan darurat, BPBD bersama TNI, Polri, relawan dan aparat desa membantu pelayanan warga terdampak. Personel gabungan juga bersiaga untuk melakukan percepatan penanganan darurat bagi warga yang membutuhkan pertolongan.

Baca juga: Mudik 2022, DPR Minta Tempat Wisata Ikut Wajibkan Booster

"Meskipun pagi ini tampak cerah berawan, pemerintah daerah serta masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir ke depan," ujarnya.

Hal tersebut berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG yang menyebutkan wilayah Karawang masih berpeluang hujan ringan hingga lebat dalam dua hari kedepan (25/4).

BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Salah satunya dengan melakukan gotong royong antarwarga untuk memperbaiki sistem drainase bisa dilakukan guna memastikan debit air dapat tertampung, khususnya jika terjadi hujan intesitas tinggi dengan durasi panjang atau lebih dari satu jam. Waspadai hujan dengan intensitas tinggi hingga panjang yg berpotensi membawa banjir susulan. (H-3)

BERITA TERKAIT