21 April 2022, 18:00 WIB

Tujuh Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa yang Menggugah Selera


mediaindonesia.com |

APA jadinya berbuka puasa tanpa takjil, layaknya sayur tanpa garam pastinya. Pilihan takjil buka puasa juga sangat banyak, bisa Anda sesuaikan dengan selera sendiri ataupun keluarga.

Menariknya lagi, harga takjil untuk buka puasa relatif sangat terjangkau. Bahkan Anda bisa menemukan takjil di harga 10 ribuan dan dipastikan sudah bisa membuat Anda kenyang saat berbuka.

Umumnya menu makanan takjil adalah menu makanan dan minuman yang manis. Namun ada kalanya orang juga menyukai makanan yang asin.

Untuk yang bingung ingin berbuka puasa dengan takjil apa, mungkin rekomendasi takjil berikut ini bisa jadi referensi.

1. Sup Buah

Foto.top wisata

Rekomendasi yang pertama ada takjil dengan menu buka puasa yaitu sup buah. Menu ini menjadi favorit bagi orang-orang karena merupakan menu buka puasa yang sangat segar. Anda hanya memerlukan bahan-bahan seperti buah segar, nata de koko, susu kental manis, sirup dan es batu.

Potong kecil-kecil isian buah lalu patah dalam mangkuk tambahkan sirup, susu kental dan juga es batu. Campurkan agar rasanya menyatu dan sup buah siap disajikan untuk keluarga.

2. Es Pisang Ijo

Foto.cookpad

Yang tak kalah menarik dari sup buah adalah es pisang ijo. Es pisang ijo ini adalah menu khas Makassar dan menjadi salah satu andalan untuk berbuka puasa.

Jika Anda tidak mahir dalam memasak menu es pisang ijo, tidak perlu khawatir. Ada banyak penjual es pisang ijo yang bisa Anda temukan di pasar Ramadan di kota Anda.

3. Bakwan Jagung

Foto.dapur kobe

Jika ingin memilih takjil yang simple maka rekomendasinya adalah bakwan jagung. Bakwan jagung adalah kudapan yang enak dimakan pada saat berbuka dan cara membuatnya juga mudah. Jika malas membuat,  Anda bisa membeli bakwan jagung di tukang jualan gorengan atau penjual takjil.

Bakwan jagung, bisa jadi menu takjil dan menu makanan yang bisa ditambahkan pada nasi hingga saus kacang agar rasanya semakin nikmat.

4. Risoles

Foto.Tangkap layar Youtube.com/Resep Abi

Berikutnya ada risoles yang menjadi menu takjil kesukaan semua orang. Risoles merupakan menu gorengan yang dibuat dari campuran telur ayam dan juga sayuran untuk isian. Risoles merupakan gorengan yang hampir mirip dengan kroket.

Namun risoles tidak dibuat dari kentang tumbuk sebagai bahan isian. Bahan makanan ini cocok sekali untuk berbuka puasa di rumah atau saat di bukber di rumah teman.

5. Martabak Tahu

Foto.fimela.com

Martabak tahu juga menjadi salah satu menu buka puasa andalan. Selain rasanya enak dan gurih, martabak tahu juga sangat mudah proses pembuatannya. Menu martabak tahu bisa menjadi teman lauk saat makan nasi.

Jangan lupa tambahkan cabe rawit saat makan martabak tahu atau bisa juga pakai saus sambal dan saus kacang. Martabak tahu juga menjadi makanan andalan yang banyak dijual di tukang takjil.

8. Pisang Cokelat

Foto.Tutorial pot.

Jika menginginkan menu makanan buka puasa yang manis maka bisa memilih pisang coklat. Olahan berbuka puasa ini sangat mudah dibuat. Anda hanya membutuhkan 3 bahan saja yaitu pisang uli, lumpia dan saus coklat untuk membuat pisang coklat lumer.

Anda bisa siapkan kulit lumpia lalu letakkan pisang, saus coklat dan gulung kulit lumpia kemudian rekatkan dengan adonan kuning telur. Setelah itu tinggal goreng pisang coklat di atas minyak panas.

7. Kolak Pisang

Yang terakhir ada menu kolak pisang untuk menu berbuka. Menu takjil ini, biasanya selalu ada di daftar menu berbuka puasa di rumah. Selain kolak pisang cara membuatnya mudah, menu ini juga nikmat dan membuat kenyang.

Menu kolak pisang juga jadi menu takjil yang banyak dijajakan di pasar Ramadhan. Selain itu harga kolak pisang tentu juga sangat terjangkau.

Jadi itu tadi beberapa rekomendasi menu takjil untuk berbuka puasa. Bagi membutuhkan bahan-bahan untuk membuat takjil atau produk apa yang dibutuhkan saat puasa, bisa langsung mengunjungi Shopee. Saat ini Shopee sedang melakukan kampanye belanja Shopee Big Ramadhan Sale.

Kampanye belanja ini diadakan pada 5 April sampai 5 Mei 2022 mendatang, yang punya banyak promo. Mulai dari cashback sampai gratis ongkir! Cek Shopee sekarang juga untuk melengkapi berbagai kebutuhan selama bulan puasa. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT