21 April 2022, 14:25 WIB

Pentingnya Mengasuh Anak Usia 0-36 Bulan


Marita Ayu Lestari, Peserta Pelatihan Tanoto Foundation Program SIGAP |

MENGASUH anak butuh konsistensi terus menerus karena contoh dan sikap orang tua menjadi pedoman anak dalam bersikap. Hal tersebut terkait erat untuk membentuk kepribadian sang anak.

Tidak ada orang tua yang sempurna, karena dalam keluarga memiliki tantangan dan masalah berbeda. Namun untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan anak usia 0-36 bulan membutuhkan pola asuh yang baik. Itu karena di usia emas tersebut anak akan menjadi peniru yang ulung. Mereka juga seperti spons yang akan menyerap apapun di sekitarnya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut akan berdampak pada perkembangan kognitif dan psikologinya. Selain pola asuh yang baik, anak usia 0-36 bulan juga membutuhkan stimulasi/rangsangan untuk memaksimalkan enam aspek perkembangan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pelatihan dan bimbingan dari lembaga yang berkompeten serta berkolaborasi dengan orang tua, memberikan arti penting untuk memajukan dan mencerdaskan anak khususnya usia 0-36 bulan. Setidaknya kerja sama dengan Tanoto Foundation yang memberikan pelatihan dan bimbingan tak terasa sudah berjalan sekitar dua tahun. Adapun pelayan yang diberikan berupa;
 
Kelas pengasuhan tematik

Sebelum fasilitator memberikan kelas pengasuhan tematik kepada orang tua penerima manfaat, fasilitator diberikan pembekalan mengenai tema-tema dalam modul pengasuhan tematik. Tujuan dalam kelas pengasuhan tematik di sini agar orang tua penerima manfaat dapat meningkatkan kualitas pola pengasuhan dan pengembangan anak usia dini. Panduan ini terdiri dari 18 topik yang disusun dalam tiga tema besar yaitu Keluarga SIGAP sehat dan memperhatikan gizi, Keluarga SIGAP bersikap positif dan keluarga SIGAP bermain bersama. 

Pemberian paket media belajar Anak SIGAP

Paket belajar yang diberikan berupa media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dirancang sesuai kebutuhan anak. Sebelum penyerahan paket orang tua diberikan panduan bagaimana menggunakan media dengan baik dan juga dibekali buku panduan tentang bagaimana aturan mainnya serta manfaat permainan yang diberikan. 

Setelah bimbingan dan penyerahan paket, orang tua dapat mempraktikan bersama anak. Tujuannya agar orang tua bisa bermain dan menstimulasi anak di rumah melalui paket yang diberikan. Menstimulasi di sini tidak harus lama waktunya, kendati sebentar dilakukan yang penting rutin. Tujuannya agar orang tua juga bisa melihat perkembangan anak mereka dengan stimulasi.
 
Kelompok bermain bersama 

Kegiatan kelompok bermain bersama di lakukan di lingkungan rumah SIGAP Tanoto. Sebelum kegiatan kelompok bermain dilakukan, fasilitator menyiapkan dan membuat rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari itu, dan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan. Setelah itu fasilitator akan bermain bersama anak penerima manfaat didamping orang tuanya.
 
Kunjungan rumah

Fasilitator melakukan kunjungan rumah ke setiap penerima manfaat Rumah Anak SIGAP dengan tujuan untuk menambah kedekatan fasilitator dan orang tua. Selain itu juga melihat sejauh mana orang tua melaksanakan dan menerapkan pola pengasuhan anak yang benar, setelah mendapatkan panduan dan pengasuhan yang diberikan Tanoto Foundation. Fasilitator juga dapat mengamati perkembangan anak setelah melaksanakan program Anak SIGAP Tanoto Foundation. 

Anak merupakan amanah terbesar yang dititipkan Tuhan kepada orang tua. Oleh karena itu orang tua punya tanggung jawab penuh untuk membimbing, mendidik, dan mengawasi anaknya agar tumbuh dan berkembang optimal. 

BERITA TERKAIT