21 April 2022, 13:15 WIB

Pola Makan Sehat Bentuk Mencintai Diri Sendiri


Basuki Eka Purnama |

CHEF Yuda Bustara berpendapat menerapkan pola makan sehat merupakan bagian dari upaya Anda mencintai atau menyayangi diri Anda (self love). Ini juga menjadi salah satu cara untuk membantu Anda menurunkan berat badan selain rutin bergerak.

"Makan sehat sebagai salah satu bentuk self love. Kita harus sayangi tubuh dengan cara makan sehat. Segala jenis penyakit datang dari perut jadi harus jaga pola makan baik, beraktivitas jadi harus bergerak," kata dia dalam sebuah acara terkait kampanye gaya hidup sehat yang digelar daring, dikutip Kamis (21/4).

Menurut Yuda, memasak sendiri dapat menjadi upaya yang bisa Anda lakukan demi menerapkan pola makan sehat. Anda bisa mengatur sendiri zat gizi sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Meski Puasa, Jangan Lupa Asupan Setengah Piring Sayuran

"Karena dengan masak sendiri kita bisa mengatur gizi yang ingin kita masukkan. Mau lebih banyak vitamin C, lebih banyak jeruk atau kulit pucat ingin lebih cerah minum banyak jus wortel," saran dia.

Berbicara pola makannya sehari-hari, Yuda mengatakan, dirinya termasuk sosok yang jarang mengonsumsi nasi. Sebagai gantinya, dia milih singkong, kentang, atau roti gandum untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat hariannya.

"Saya jarang makan nasi karena tinggi gula. Saya ganti karbohidrat saya dengan singkong, kentang, roti gandum. Saya yakin setiap makanan ada gula alaminya seperti buah dan sayur lokal," kata dia.

Sayur dan buah sebagai sumber serat dan vitamin juga tidak dia lupakan. Menurut Yuda, dua makanan ini bisa menjadi camilan sehat Anda termasuk saat Ramadan. Rujak Aceh menjadi salah satu menu berbahan buah yang dia bagikan untuk Anda yang ingin meningkatkan asupan buah harian.

Yuda menggunakan berbagai macam buah dan sayuran seperti timun, jambu, mangga, mangga kweni, pepaya, salak yang diasinkan dan dimaniskan kemudian digabung menjadi satu.

"Bikin segar, gampang dan salah satu favorit saya. Juga sangat bernutrisi. Untuk teman-teman yang suka makan mi instan, gorengan, camilan tinggi lemak, bisa gantikan dengan snack yang lebih sehat," kata dia.

Yuda juga membatasi asupan gula dan lemak dalam menu makanannya. Perkara gula, untuk memudahkan, dia membiasakan menyantap makanan yang tidak terlalu manis.

"Saya makan gorengan enggak sih? Saya masih makan hanya saya tahu limit saya. Kalau saya diundang teman-teman, kalau ada opsi sehat, saya tetap makan (gorengan) tetapi saya melimitasi porsinya," ujar dia.

Yuda meyakini tidak ada makanan tidak sehat. Menurut dia, yang tidak sehat berasal dari gaya hidup sehingga akan percuma bila Anda menerapkan pola makan sehat termasuk konsumsi buah dan sayur setiap hari, bila Anda masih saja menerapkan gaya hidup tak sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain pola makan sehat, dia juga mengingatkan pentingnya Anda berolahraga rutin. Yuda berpesan, bagi Anda yang menginginkan berat badan turun, perlu dibarengi dengan bergerak aktif secara rutin.

"Banyak teman bertanya ingin kurus bagaimana caranya? Caranya bergerak dan pola makan sehat. Biasanya kalau perempuan ingin menurunkan berat badan, kalau pria ingin membentuk massa otot, jadi jangan follow diet teman-teman Anda. Follow diet sesuai kebutuhanmu," pungkas Yuda. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT