13 April 2022, 06:57 WIB

Tips Diet Sehat saat Berpuasa


Atalya Puspa |

ORANG-orang yang berpuasa namun masih dalam program diet masih tetap bisa menjalankan dietnya sambil berpuasa. Hal itu diungkapkan oleh Dokter Gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Diyah Eka Andayani. "Berpuasa itu salah satunya bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan dan bisa banget kalau mau tetap berdiet sambil menjalankan ibadah puasa," kata Diyah.

Diyah menyatakan, tidak ada hal-hal khusus yang perlu dilakukan orang-orang yang berdiet selama bulan Ramadan. Sama seperti orang-orang yang tidak melakukan diet, saat sahur dan berbuka, tentu harus diperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak kurang ataupun berlebih.

"Untuk yang berdiet memang perlu dikonsultasikan. Kapan waktunya untuk makan, berapa banyak dikonsumsi saat sahur dan saat buka, tentu jangan sampai lapar mata," ungkap dia.

Baca juga: Ini 6 Indikator Penanganan Covid-19 Nasional Membaik

Pada dasarnya, jelas Diyah, semua orang harus memilih makanan yang memenuhi kebutuhan kalori yang cukup dan bermanfaat bagi tubuh.
Dikatakan Diyah, sebenarnya secara fisiologis berpuasa selama 12 jam masih dapat ditoleransi oleh tubuh. Asalkan, kita memiliki cadangan energi yang cukup dari makanan-makanan yang dkonsumsi saat sahur dan berbuka. Dengan demikian, tubuh kita bisa menggunakan glukosa sebagai cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Ada beberapa tips yang dijabarkan Diyah agar kita bisa tetap bugar saat berpuasa. Pertama, jalankan sahur di waktu-waktu mendekati imsak.
"Karena itu akan membuat cadangan energi kita bertahan lebih lama," imbauh dia.

Selain itu, saat sahur juga harus memilih makanna dengan gizi seimbang dan bervariasi. Seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak dalam jumlah yang cukup.

"Kadang kita suka malas masak pagi-pagi sehingga memilih makan mi saat sahur. Padahal itu akan meningkatkan gula darah kita dengan cepat dan menurunkannya juga dengan cepat. Sehingga kita jadi cepat lapar," ungkap dia.

Selanjutnya, saat berbuka, Diyah menganjurkan agar menghindari konsumsi makanan manis dan lemak jenuh berlebih. Saat berbuka, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup dan juga konsumsi air yang cukup.

"Bisa pakai kurma atau mungkin puding. Tapi tidak dengan es-es yang mengandung sirup banyak dan juga lemak jenuh yang mengakibatkan lambung kita kaget dan akhirnya lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas selanjutnya." ucap dia. (H-3)

BERITA TERKAIT