11 April 2022, 20:46 WIB

Kenalkan Mahasiswa Ke Dunia Industri, Prodi Desain Interior Untar Gelar Lokakarya Terazzo


Widhoroso |

SEBAGAI bentuk komitmen untuk mendekatkan dan mengenalkan mahasiswa dengan dunia industri, yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Tarumanagara (Untar), menggelar lokakarya terazzo. Kegiatan yang digelar di Studi Vershome, Jakarta, Kamis (7/4) lalu ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Desain Interior Untar dan melibatkan spesialis studio desain interior Vershome, TerrazzoWSP, dan Mapei Indonesia.

"Dulu kami sering undang praktisi datang ke kampus. Tapi sekarang kami ingin bawa mahasiswa keluar kampus, supaya mereka bisa praktik langsung. Tidak hanya terkait magang, tapi ini mereka ketemu orang baru. Sehingga muncul kolaborasi dengan Vershome, TerrazzoWSP, dan Mapei," terang Kepala Prodi Desain Interior Untar Maitri Widya Mutiara dalam keterangan yang diterima, Senin (11/4).

Ia mengatakan, lokakarya akan menambah pengalaman mahasiswa desain interior Untar terkait kebutuhan industri. Apalagi, jelasntya, tren desain interior saat ini semakin diminati masyarakat.

Saat ini, kebutuhan komersial di bidang desain interior sangat banyak. Banyak kantor yang mere-desain lagi kantornya, supaya menjadi lebih kreatif. Itu tugas kami di interior yautu membangun suasana melalui fisik ruangan," imbuh dia.

Di sisi lain, dosen Prodi Desain Interior Untar, Dwi Sulistyawati yang menjadi narasumber mengatakan lokakarya terrazzo ini memberikan mahasiswa kesempatan menggali berbagai wawasan seputar desain interior yang sedang berkembang. Salah satunya tentang material terazzo.

Meski bukan barang baru, lanjut Dwi, mengenal lebih jauh tentang material yang sedang diminati publik ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan eksperimen lanjutan. Hal ini untuk menghasilkan desain interior yang lebih kreatif dan inovatif.

"Kalau cuma baca, lihat gambar, atau tidak touching, mahasiswa tidak alan paham betul. Diharapkan mereka betul-betul mempunyai pengalaman menciptakan, dari apa sampai jadi apa," terang Dwi.

Hal senada disampaikan Creative Director of Vershome, Roni Timothy. Dia mengatakan kolaborasi yang terwujud dalam lokakarya ini tidak cuma untuk mengenalkan mahasiswa dengan material terazzo, namun juga mendorong mahasiswa menghasilkan desain dengan bertanya langsung ke pakar.

"Bukan cuma dari buku, nonton, mereka bisa menyaksikan dan bertanya langsung ke pakar dan bisa pegang langsung bahannya, merancang dari awal. Mereka yang berkecimpung di desain interior perlu ketemu langsung, kolaborasi, sehingga bisa menghasilkan desain yang kreatif," ujar Roni.

Selain Roni Timothy dan Dwi Sulistyawati, lokakarya terrazzo menghadirkan Founder TerrazzoWSP, Setya Hernanda, dan Specifier Engineer Mapei Indonesia, Jeffry George. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT