07 April 2022, 17:56 WIB

Pasokan Migor Curah ke Temanggung Belum Lancar


Tosiani |

HINGGA saat ini pasokan minyak goreng (migor) curah ke Temanggung, Jawa Tengah masih belum lancar. Hal ini kerap menimbulkan antrean di sejumlah distributor minyak goreng.

Hal itu diketahui berdasarkan pantauan dan pengawasan yang dilakukan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung. "Distribusi minyak goreng curah saat ini memang mengalami gangguan, karena pasokan yang biasanya lancar," kata Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono, Kamis (7/4).

Menurut Entargo, dari delapan pedagang besar hanya menerima satu kali pasokan dengan penjadwalan yang belum pasti. Selain itu, pasokan dan permintaan juga belum seimbang, sehingga mengakibatkan antrean warga untuk membeli migor curah. "Pasokan tersendat, karena faktor produksi dari hulu yang menurun," katanya.

Dari pendataan, kebutuhan migor masyarakat Temanggung mencapai 23 ribu liter per hari. Namun pasokan migor curah hanya 9 ribu liter per minggu. Karenanya ia meminta masyarakat tidak panic buying dalam menghadapi kondisi pasokan migor curah yang masih belum lancar.

"Minyak curah hanya untuk UKM dan pedagang. Kalau warga panik, maka akan memperparah kondisi dan menimbulkan kelangkaan,"katanya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT