02 April 2022, 19:25 WIB

Kemenkes Dorong Pemda Buka Sentra Vakasinasi di Masjid


Fachri Audhia Hafiez |

PEMERINTAH memanfaatkan momentum Ramadan untuk mengakselerasi vaksinasi covid-19 lewat pembukaan sentra vaksinasi di masjid-masjid. 

Pemerintah daerah (Pemda) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di berbagai daerah sudah didorong untuk menggalakkan program tersebut.

"Ini kita sudah mengimbau pemda dan dinkes kabupaten atau kota untuk berkolaborasi dengan pengurus masjid setempat ya," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (2/4).

Kemenkes tetap mengoptimalkan vaksinasi covid-19 saat Ramadan. Sebanyak 50 juta dosis vaksin disiapkan.

Kemenkes berpegangan pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa. Fatwa itu menjelaskan bahwa umat Islam yang divaksinasi pada bulan Ramadan tidak membatalkan puasa.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memuluskan program vaksinasi di masjid. Diharapkan program ini bisa meningkatkan antusiasme masyarakat untuk menyegerakan divaksinasi.

Muhadjir juga meyakini vaksinasi akan meningkat seiring dengan syarat mudik yang mengharuskan menyertakan sertifikat vaksin. Selain itu, diperkirakan 79 juta warga akan mudik pada Lebaran 2022.

"Sehingga, mudah-mudahan mereka termotivasi untuk melakukan vaksin karena mereka akan mudik," ucap Muhadjir. (OL-8)

BERITA TERKAIT