30 March 2022, 21:39 WIB

Hadapi Ramadan dan Lebaran, Cianjur Terus Benahi Infrastruktur Jalan


Benny Bastiandy |

MENGHADAPI Ramadan dan Idulfitri 1443 Hijriyah, ruas-ruas infrastruktur jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terus dibenahi. Upaya itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengendara, termasuk pemudik.

Seperti penanganan ruas infrastruktur jalan di UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah VI Ciranjang. Ruas-ruas jalan di wilayah tersebut kerap jadi alternatif lantaran terdapat beberapa spot kemacetan di jalur utama.

Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah VI Ciranjang, Erma Darmawan, menjelaskan jalur alternatif merupakan salah satu titik ruas jalan yang saat ini sedang dalam penanganan. Jalur tersebut memang difokuskan menghadapi Ramadan hingga Lebaran nanti.

"Mobilitas masyarakat, terutama pengendara dipastikan tinggi saat Ramadan. Dampaknya terjadi kemacetan. Makanya, di wilayah kami ada jalur alternatif yang bisa digunakan untuk mengurai kemacetan. Insya Allah akan ditangani pertengahan bulan ini," terang Erma ditemui di kantornya, Rabu (30/3).

Salah satu titiknya berada di ruas jalan Hegarmanah-Cikoronyo. Erma berharap dengan penanganan ruas-ruas jalan melalui pemeliharaan rutin bisa memberikan kenyamanan bagi para pengendara. "Ruas jalan alternatif itu (Hergamanah-Cikoronyo) lebih kurang sepanjang 600 meter," ujarnya.

UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah VI Ciranjang menangani ruas-ruas jalan dan drainase yang berada di Kecamatan Ciranjang, Haurwangi, dan Bojongpicung. Panjangnya mencapai 73,622 kilometer yang berada di 25 titik ruas jalan. "Setiap bulan kami targetkan menangani lima titik ruas jalan. Jadi itu rutin kami lakukan," sebutnya.

Skema penanganan ruas jalan seperti itu, kata Erma, sejauh ini cukup efektif. Dampaknya, tingkat kemantapan infrastruktur jalan di UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah VI Ciranjang, sejauh ini sudah berada di kisaran 65%.

"Hasil dari bimtek (bimbingan teknis), di UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah VI Ciranjang ini, tingkat kemantapan jalan sudah mencapai di atas 65%," ungkap Erma.

Erma tak memungkiri masih ada titik ruas jalan yang kondisinya butuh penanganan. Seperti yang berada di ruas jalan Sindangjaya-Calingcing sepanjang 2,8 kilometer. "Cuma ruas jalan itu saja (Sindangjaya-Calingcing) yang kondisinya masih butuh penanganan," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT