30 March 2022, 21:26 WIB

UNJ Wisuda 1.905 Lulusan 2021/2022 Secara Virtual


Mediaindonesia.com |

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.905 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral untuk tahun akademik 2021/2022. Wisuda dilaksanakan secara virtual, Kamis (30/3) lewat zoom live streaming dan disiarkan melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Pada wisuda kali ini UNJ mengangkat tema “Meraih Keunggulan untuk Membangun Kemandirian”.

"Topik ini dicetuskan untuk menggugah kita semua bahwa menjadi perguruan tinggi terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja, tetapi perlu diikuti dengan kemandirian universitas," jelas Rektor UNJ Prof. Komarudin melalui keterangan resmi Rabu (30/3).

Pondasi kemandirian universitas ini dinilai penting, terutama dalam upaya UNJ menuju PTN-BH. Menurut Komarudin, kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status PTN-BH.

Melalui PTN-BH, jelasnya, perguruan tinggi dituntut mampu mentransformasikan dirinya menjadi research university, innovative and entrepreneurial university, serta menjadi garda terdepan penjaga marwah dan dan kedaulatan bangsa.

"Untuk mewujudkan kemandirian universitas setidaknya ada 4 modal utama yang harus diperhatikan, yaitu, kesiapan modal identitas/penciri universitas, modal manusia, sumber daya teknologi informasi; dan sumber daya organisasi. Selain itu, perubahan mindset dan mental untuk berubah juga sangatlah penting," tandas Komarudin.

Pada prosesi wisuda tahun akademik 2021/2022, UNJ mewisuda 1.905 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral.

Adapun sebagai berikut rincian lulusan sebagai berikut, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP): 314 wisudawan, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 216 wisudawan, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) 236 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS): 230 wisudawan, Fakultas Teknik (FT): 303 wisudawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 193 wisudawan, Fakultas Ekonomi (FE) 73 wisudawan, Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi): 77 wisudawan, dan Pascasarjana 163 wisudawan.

Turut hadir undangan, baik luring maupun daring, yaitu Ketua Dewan Penyantun UNJ, Ketua Ika UNJ, Duta Besar LBBP RI untuk Indonesia, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedubes RI di Paris, Ketua dan anggota Dewan Pengawas UNJ. 

Selain itu hadir pula Plt. Dirjen Dikti Kemdikbudristek RI, Ketua KOI, Kepala BNN RI, Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Kepolisian RI, Gubernur DKI Jakarta, Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. 

"Selamat berjuang di masyarakat, selamat bekerja keras, selamat berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Jaga selalu almamater UNJ di manapun kalian berada," pungkas Komarudin. (OL-8)

BERITA TERKAIT