30 March 2022, 16:24 WIB

Kemajuan Teknologi Bisa Bantu Penanganan Pasien Tuberkulosis


M. Iqbal Al Machmudi |

INVESTASI pada teknologi digital, terutama pada pasien Tuberkulosis (TB), akan berdampak positif untuk upaya pencegahan, data dan penanganan. Hal itu diungkapkan Medical Data and Tech Expert HYFE Peter Small.

"Dengan investasi yang dilakukan bertahun-tahun, ada data yang perlu diperbarui terkait penyembuhan TB," ujar Peter dalam 1st Health Working Group Side Event on Tuberculosis di Yogyakarta, Rabu (30/3).

"Ketika data menunjukkan hasil yang baru, kita perlu melihat kenyataan di lapangan untuk masa sekarang dan masa depan," imbuhnya.

Baca juga: WHO Ingin Negara G20 Berinvestasi pada Upaya Eliminasi TB

Lalu, dia menyoroti perkembangan teknologi peralatan untuk memperoleh informasi diagnosis yang jelas. Hal ini tentunya berguna pada klinik terdepan, yang melayani pasien TB. Sehingga, bisa diklasifikasikan level penanganan pasien TB.

"Perkembangan nirkabel untuk proses penanganan hingga perawatan dan penyembuhan, hal yang sangat berkontribusi dalam penyembuhan penyakit," jelas Peter.

Baca juga: Kolaborasi Kesehatan Hingga Politik Perlu Dilakukan Penanganan TB

Selain itu, Peter mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, penanganan TB mengalami kemunduran akibat pandemi covid-19. Di masa lampau saja, pasien TB sulit diagnosis. Lalu, penanganan di masa pandemi covid-19 menjadi lebih sulit.

"Tapi saya yakin, saat ini kita mengatasi covid-19 dan TB secara baik. Tanggung jawab kita bersama untuk mengatasi TB dan covid-19 bersamaan dengan teknologi," katanya.

Dengan teknologi digital dan eksperimen, ke depannya diharapkan bisa ditemukan upaya penyembuhan pasien TB yang tepat. Mulai dari pemerintah, turun ke komunitas, hingga level masyarakat.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT