29 March 2022, 19:08 WIB

Erick Thohir Dukung Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco


Widhoroso |

MENTERI BUMN Erick Thohir ingin kesenian reog Ponorogo diakui dunia. Untuk itu, Erick Thohir mendukung upaya agar reog Ponorogo diakui menjadi warisan dunia tak benda Indonesia yang diakui Unesco.

"Saya mendukung penuh agar Reog Ponorogo ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Unesco,” tegas Erick Thohir dalam keterangan yang diterima, Selasa (29/3).

Erick Thohir mengajak kepada seluruh masyarakat Indoensia ikut andil untuk melestarikan reog Ponorogo. Mantan TKN Jokowi-Ma'ruf ini juga telah menyiapkan ekosistem berkelanjutan mengembangkan budaya untuk menghidupkan wisata lokal. Erick ingin kekayaan budaya Indonesia bisa diberdayakan dan hidup di masyarakat.

"Kita tentu tidak ingin, jika kekayaan budaya kita diakui oleh bangsa lain. Maka penting bagi kita untuk menjaga kelestarian dan regenerasinya," terang Erick Thohir.

Indonesia memiliki ribuan warisan budaya yang luar biasa. Terdata Indonesia memiliki 1.239 warisan budaya tak benda (WBTB). Maka menurut Erick semua pihak harus ikut mendukung dan menjaga Reog Ponorogo.  “Bukan hanya bagi rakyat Ponorogo, namun bagi seluruh anak Bangsa Indonesia,” jelas Erick thohir.

Erick Thohir bukan hanya mendukung namun telah menemui seniman reog di Ponorogo Bantarangin beberapa waktu lalu dan menyaksikan langsung pegelaran seni Reog Ponorogo di Monumen Bantarangin, Ponorogo.

Erick Thohir juga diberikan kehormatan untuk naik ke atas kepala Reog Dadak Merak sebagai bentuk penghormatan dan penerimaan dari seluruh masyarakat Ponorogo khususnya pegiat seni Reog. "Saya mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk bersama-sama mendukung Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda UNESCO tahun 2023," jelas Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT