27 March 2022, 09:00 WIB

Kolaborasi Banyak Pihak, Perusahaan Makanan Minuman Raih Penghargaan


Mediaindonesia.com |

KOLABORASI yang luas dari berbagai sektor dan pemangku kepentingan menjadi penting. Tema Kolaborasi untuk Kebangkitan Negeri diangkat ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2022 pada Jumat (25/3) di Semarang, Jateng. Segala program yang masuk ddinilai berdasarkan peran dan kolaborasi program tersebut dalam mengatasi maupun menuju kebangkitan pascapandemi sekaligus dalam aspek kesejahteraan masyarakat.

Menurut CEO PR Indonesia Asmono Wikan, PRIA merupakan ajang pembuktian diri sekaligus pembelajaran dan apresiasi bagi insan PR/humas yang menunjukkan kinerja unggulnya membawa organisasi/korporasi masing-masing ke level yang lebih tinggi. Ini menunjukkan bahwa fungsi PR sejatinya sangat strategis dan sudah sewajarnya ada di level yang sangat terhormat. "Melalui agenda-agenda komunikasi yang terstruktur, sistematis, dan relevan terhadap target audiens yang disasar, PR akan mampu mengontribusi sangat besar penguatan reputasi organisasi/korporasi," ujarnya.
 
Selama tiga tahun terakhir, partisipasi peserta pada kompetisi PRIA terus meningkat pesat. Tercatat 194 perusahaan dan instansi mengikuti kompetisi ini. Jika pada 2021 entri PRIA berjumlah 609, di tahun ini total entri meningkat menjadi 786. Seluruh entri ini dipertandingkan dalam kategori Owned Media, Kanal Digital, Program PR, Program CSR, Penanganan Krisis, Manual Tata Kelola Kehumasan, Departemen PR, Brand Guideline, hingga Laporan Tahunan.

Salah satu perusahaan yang memperoleh penghargaan itu ialah Danone Indonesia. Produsen sejumlah makanan minuman itu kembali mencetak empat penghargaan di ajang kompetisi bergengsi di bidang kehumasan tersebut. "Di tengah tantangan yang tercipta, pandemi membuat kami memahami pentingnya perubahan mindset dan kultur digital yang lebih optimal untuk mendukung peran bisnis agar membawa dampak bagi percepatan pemulihan kesehatan masyarakat maupun lingkungan di sekitarnya. Penghargaan ini menjadi bukti nyata kami dalam mewujudkan misi One Planet One Health sebagai komitmen untuk terus membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi," tutur Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia.

Penghargaan yang diraih perusahaan itu pada kategori Program CSR (Community Based Development) lewat Danone UMKM Digital Academy 2021 untuk peningkatan kapasitas dan edukasi pemanfaatan aspek digital kepada UMKM mitra yakni Aqua Home Service dan Warung Anak Sehat. Penghargaan kedua terkait kategori Laporan Tahunan (Sustainability Report) Danone-Aqua periode 2019-2020 yang berisi informasi komprehensif seputar inisiatif perusahaan dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan membawa dampak baik kepada masyarakat serta lingkungan. Ketiga, Program PR (Corporate PR) melalui #Danone100%Vaccinated yang berfokus pada kampanye internal untuk menangani pandemi melalui program vaksinasi 15.000 karyawan. 

Selanjutnya, Danone meraih penghargaan dalam kategori Terpopuler di Media Cetak 2021. Penghargaan ini dinilai secara langsung oleh PR Indonesia bersama Kazee Digital yang berbasis jumlah eksposur dengan tonaliti positif di 174 media cetak mainstream di Indonesia sepanjang 1 Januari-31 Desember 2021. Seluruh program ini telah melalui proses penjurian dari tahap entry dokumen, hingga presentasi bersama dengan tim juri dari PR Indonesia.

Baca juga: Studi: Konsumsi Pemanis Buatan terkait dengan Risiko Kanker

Dalam ajang itu, perusahaan sebagai salah satu pemenang Kategori Program Sustainability Business PRIA 2022 terpilih menjadi pembicara dan membagikan kisah sukses Danone Digital UMKM Academy untuk sesi Kelas CSR dan Sustainability Business: Strategi CSR Memperkuat Sustainability Business. Pada sesi ini, Danone Indonesia menekankan pentingnya aspek penetapan resiliensi dan kolaborasi multipihak dalam pembuatan program CSR yang strategis. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT