26 March 2022, 20:18 WIB

Tingkatkan Pelayanan Haji dan Umrah, Erick Thohir Bangun Rumah Indonesia di Mekah


Widhoroso |

GEBRAKAN Menteri BUMN Erick Thohir rupanya tak hanya sebatas di Indonesia. Gebrakan alah satu menteri terbaik Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga merambah ke luar negeri seperti di Mekah, Saudi Arabia.

Di Kota Suci tersebut, Erick Thohir akan membangun sebuah bangunan khusus yang dinamakan Rumah Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji dan umrah. "Kami berencana untuk membangun proyek Rumah Indonesia di Mekah untuk melayani jemaah haji dan umrah asal Indonesia," ujar Erick Thohir.

Erick mengatakan telah menyampaikan rencana pembangunan ini kepada PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk/PT PP, salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Sehingga PT PP bisa menjadi lead developer, untuk proyek pembangunan Rumah Indonesia di Mekah tersebut. "Kita sedang mencari kesempatan untuk berinvestasi, bagaimana membangun rumah haji di Mekah yang selama ini kita belum memiliki,” tutur Erick Thohir.

Karena itu, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini berharap pembangunan Rumah Indonesia mendapat dukungan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), sehingga bisa berpartisipasi dalam skema pendanaan. Erick Thohir juga mendorong kolaborasi bersama Bank Nasional Indonesia (BNI) untuk mendanai konstruksi proyek tersebut. "Kiranya Islamic Development Bank atau IsDB dapat berdiskusi dengan PT PP dan BPKH dalam rangka membahas kemungkinan kolaborasi,” jelas Erick Thohir.

Sebelumnya, Erick Thohir memang memiliki mimpi untuk bisa berinvestasi di luar negeri dengan membangun rumah haji di Tanah Suci. Anggota Kehormataan Banser ini berharap rencana ini bisa berjalan lancar dan bisa dirasakan manfaatnya oleh jemaah Indonesia yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima.

"Kami juga memiliki mimpi yang memang sedang dijajaki. Siapa tahu berjodoh lagi," ujar Erick Thohir. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT