23 March 2022, 17:17 WIB

'Kartu Sakti' Dinilai Gebrakan Inovasi Era Kepemimpinan Jokowi


Widhoroso |

KEPEMIMPINAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Melalui program berbagai kartu yang digagas Jokowi,  mampu memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar masyarakat kurang mampu. Mulai dari kesehatan, pendidikan hingga kebutuhan pangan masyarakat dijamin pemerintah.

Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat menilai program 'kartu sakti' era Jokowi merupakan gebrakan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Legislator Partai NasDem itu mengatakan jika di era Presiden Jokowi telah banyak mendistribusikan kartu-kartu sakti yang sangat berguna untuk masyarakat.

Diantara kartu-kartu yang diluncurkan oleh Jokowi adalah  Kartu Indonesia Pintar, KIP Kuliah, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Beras Sejahtera, Kartu Sembako murah dan Kartu Pra-kerja.

"Di era beliau (Jokowi) sangat banyak kartu sakti yang keluar dan tidak hanya kartu sakti yang tidak ada gunanya, tetapi benar-benar kartu sakti yang berguna untuk mengeksekusi supaya masyarakat Indonesia kehidupannya yang lebih baik,” ujar Ary dalam keterangan yang diterima, Rabu (23/3).

Ary mengatakan seluruh kartu sakti gagasan Jokowi tersebut terbukti mampu membantu masyarakat. Apalagi, lanjutnya, pada kondisi pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini. "Semua kartu yang diterbitkan baik dan untuk kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Senada dengan Ary, penilaian positif terhadap kartu-kartu sakti Jokowi juga disampaikan Presiden Mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR), Restu Ronggo Wicaksono. Menurutnya, di tengah gelombang pandemi yang belum mereda ini, 'kartu sakti' Jokowi sangat membantu masyarakat.

"Kita melihat kondisi saat ini khususnya di 2020 mulai masuknya pandemi ke Indonesia yang menyebabkan tingkat kemiskinan tinggi. Kita melihat adanya jaringan bantuan sosial ini khususnya kartu pra kerja yang membantu perekonomian dari masyarakat," ujar Restu. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT