22 March 2022, 21:33 WIB

Kampus Merdeka Dorong Pemulihan Pembelajaran di Perguruan Tinggi


Faustinus Nua |

PLT. Dirjen Dikti-Ristek, Prof. Nizam menyampaikan bahwa pandemi yang berlangsung dalam 2 tahun terakhir telah berdampak pada sektor pendidikan. Pendemi secara tidak langsung menyebabkan learning loss lantaran, sehingga harus segera dipulihkan.

"(Harus) kembali ke sekolah dan kembali ke kampus," ujarnya kepada Media Indonesia, Selasa (22/3).

Menurut Nizam, di pendidikan tinggi learning loss masih bisa dikejar dengan gerakan Kampus Merdeka. Berbagai program Kampus Merdeka memang dirancang untuk mengakselerasi proses pembelajaran mahasiswa.

Baca jugaMenteri LHK: Momentum Wujudkan Tindakan Kolektif Atasi Tiga Krisis Planet

Baca jugaLLDIKTI Wilayah III Komitmen Soal Tunjangan Sertifikasi Dosen

"Kalau di perguruan tinggi ya melalui Kampus Merdeka, mengakselerasi kompetensi dan kesiapan kerja mahasiswa melalui kegiatan Kampus Merdeka," kata dia

"Sebagian besar kegiatan Kampus Merdeka mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja yang akan mereka masuki. Jadi kita membawa mahasiswa meloncat untuk siap masuk dunia kerja," lanjutnya.

Lewat Kampus Merdeka diharapkan mahasiswa bisa lebih siap memasuki dunia kerja. Mereka tidak hanya dibekali dengan pengetahuan tetapi juga pengalaman seperti program magang.

Begitu pula dengan program pertukaran pelajar atau pun Kampus Mengajar. Semua program itu bisa mendukung pemulihan pendidikan di perguruan tinggi sekaligus mengakselerasi kompetensi mahasiswa. (H-3)

BERITA TERKAIT