18 March 2022, 18:50 WIB

Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia Sediakan Vaksinasi Booster di PIM 3


Dinda Shabrina |

GERAKAN Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) membuka sentra vaksinasi booster untuk masyarakat umum dan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak secara gratis. Vaksinasi yang disediakan GDDPI selama tiga hari, mulai dari 18-20 Maret 2022 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.

Organisasi perempuan yang fokus pada gerakan donor darah ini turut mengambil peran untuk mempercepat program vaksinasi booster. Stok kantung darah yang kian menipis selama pandemi menjadi alasan utama GDDPI harus turut mengambil peran dalam menyediakan sentra vaksinasi.

“Hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami penurunan stok darah, terutama di zona merah. Pasokan mengalami penurunan akibat kekhawatiran orang untuk datang ke PMI dan menyumbangkan darahnya. Sementara banyak kebutuhan Rumah Sakit yang terus membutuhkan transfusi darah, seperti penderita kanker, thalassemia dan cuci darah,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan GDDPI, Vicky W Kartiwa, Jum’at (18/3).

Kegiatan ini melibatkan delapan organisasi perempuan, yaitu Warisan Budaya Indonesia Foundation, (WBI Foundation), Perempuan Jenggala, Pertiwi Indonesia, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Perempuan Untuk Negeri (PUN), DWP Kemenko Perekonomian, Alumni SMA PSKD dan Geronimo.

Baca juga: Tren Vaksinasi Tinggi, Menkes Targetkan Pandemi Covid-19 jadi Endemi dalam 1,5 Tahun

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga turut hadir memantau kegiatan yang diselenggarakan GDDPI. Budi Gunadi menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan GDDPI. Ia menyebut keberhasilan vaksinasi tidak terlepas dari peran perempuan dan ibu-ibu yang turut membantu program pemerintah.

“Vaksinasi dan donor darah tidak mungkin berhasil tanpa bantuan ibu-ibu. Karena ibu-ibu yang bisa memaksa suami dan anaknya,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya di acara GDDPI bertajuk “Mari Melangkah Bersama, Untuk Indonesia Lebih Maju” .

Kegiatan ini tidak hanya menyediakan sentra vaksin. Tetapi juga ada donor darah dan bazar. GDDPI sengaja mengundang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya. Hal ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang selama ini terdampak pandemi Covid-19. Produk yang ditawarkan mulai dari makanan, pakaian, hingga barang-barang kerajinan.

Seluruh kegiatan yang diadakan GDPPI tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah. Khusus untuk kegiatan donor darah dan vaksinasi, peserta diwajibkan melakukan antigen dan pemeriksaan suhu badan. Semua peserta diwajibkan memakai masker dan tetap menjaga jarak. (A-2)

BERITA TERKAIT