18 March 2022, 08:15 WIB

Sesuaikan Aktivitas Daerah dengan Level PPKM


Ferdian Ananda Majni |

DALAM masa adaptasi, masyarakat perlu menerapkan perilaku aman produktif Covid-19 yang sesuai kebijakan terkini dari Pemerintah. Disamping itu, Pemerintah Daerah (Pemda) perlu mengeluarkan peraturan yang mendukung kembalinya produktivitas daerah di tengah pandemi Covid-19. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan aktivitas masyarakatnya pun harus disesuaikan level daerah, di mana semakin tinggi level suatu kabupaten/kota, maka semakin ketat pembatasan aktivitas masyarakatnya. 

"Kunci kembali produktif secara sosial ekonomi, maka pemerintah daerah wajib mengevaluasi kembali indikator penurunan level PPKM. Yaitu mengendalikan transmisi komunitas dengan menurunkan kasus konfirmasi, rawat inap di rumah sakit, dan kematian," kata Prof Wiku dalam keterangannya Jumat (18/3).

Baca juga: Deteksi Dini dapat Kenali Gangguan Ginjal

Dia menambahkan meningkatkan kapasitas respon kesehatan mencakup kemampuan testing, tracing, dan treatment. Serta, meningkatkan cakupan vaksinasi khususnya vaksinasi kelompok rentan.

"Selama pelaksanaan kegiatan sosial dan hiburan di daerah, pemerintah daerah juga harus menjamin, bahwa celah penularan yang ada akibat penyesuaian kebijakan dapat diantisipasi dengan peraturan yang implementatif dan sistem monitoring yang tegas," terangnya.

Meski demikian, dalam masa adaptasi menuju masyarakat produktif dan aman covid-19, kesadaran dan tanggung jawab setiap orang adalah kunci pengendalian kasus. Ada 3 tanggung jawab utama yang senantiasa harus ditingkatkan yaitu, kedisiplinan protokol kesehatan 3M, kesadaran tinggi orang bergejala melakukan test covid-19, dan kesadaran tinggi mengisolasi diri jika tidak sehat atau terdiagnosa positif.

"Perkembangan data terkini sebagai landasan penting penguatan kesadaran masyarakat tersebut," pungkasnya. (H-3)
 

BERITA TERKAIT