16 March 2022, 21:15 WIB

Hari Bakti Rimbawan, Tetaplah Menjadi Pelindung Lingkungan


Atalya Puspa |

HARI Bakti Rimbawan diperingati setiap 16 Maret. Pada tahun 2022 ini, Hari Bakti Rimbawan mengusung tema Rimbawan Menjaga Lingkungan Mendukung Sukses Presidensi G20 Indonesia.

Dalam acara peringatan Hari Bakti Rimbawan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menekankan, rimbawan memiliki peran penting dalam mencapai cita-cita nasional untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Saya yakni rimbawan terus dan akan selalu menjaga misi penugasan KLHK dalam mewujudkan cita-cita nasional. Rimbawan memiliki modal dasar kuat. Nilai dasar rimbawan yang jadi landasan ialah jati dirinya, mulai dari jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerja sama dan profesional," kata Siti, Rabu (16/3).

Modal dasar yang dimiliki para rimbawan tersebut, kata Siti, akan menjadi landasan untuk menjaga dan melindungi kawasan hurtan negara. Serta melindungi masyarakat dari berbagai kondisi dan potensi bencana dan melindungi satwa liar dan habitatnya. Tak lupa juga, memberikan perlindungan bagi keadilan masyarakat dalam akses dan pemanfaatan kawasan hutan dan hutan sosial.

Dari kerja-kerja rimbawan dan berbagai pihak dalam kurun waktu 5-7 tahun ke belakang dalam hal corrective action, hasil yang membanggakan telah terlihat. Diantaranya penurunan angka deforestasi ke titik terendah hingga 115 ribu hektar pada 2020. Selain itu moratorium permanen hutan alam primer dan gambut lebih dari 66 juta hektar dan restorasi perbaikan tata air gambut seluas 3,4 juta hektar.

Siti berharap, rimbawan akan terus bekerja keras dan berinteraksi sebaik-baiknya dengan masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia.

"Dengan penegasan dan penerapan core values berakhlak, kita memiliki dan menekuninya sejak kita belajar sebagai rimbawan. Ada koherensi jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner dan kerja sama dengan profesional. Ini harus terus dijunjung tinggi," tutup Siti. (H-2)

BERITA TERKAIT