08 March 2022, 21:54 WIB

Ini Usulan Kemenkes Untuk Tingkatkan Ketahanan Sistem Kesehatan Global di Forum T20 


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan mengusulkan tiga terobosan untuk menguatkan sistem kesehatan global dan menjamin layanan kesehatan yang merata. Usulan itu diutarakan dalam The Indonesia Healthcare Future Forward T20, Selasa (8/3). 

"Pertama yakni mobilisasi sumber daya keuangan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Dengan begitu melanjutkan pembentukan mekanisme baru PPR (Prevention, Preparedness, and Response) pembiayaan yang telah dilakukan oleh kepresidenan G20 Italia sebelumnya," kata Kunta Wibawa, Sekjretaris Jenderal Kemenkes. 

Kedua yakni mobilisasi sumber daya kesehatan yang penting untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Dengan begitu bisa lebih sigap apabila terjadi pandemi di kemudian hari. 

Baca juga : 12 Juta Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Divaksin Covid-19

"Pembentukan mekanisme global untuk meningkatkan, mengakses dan memobilisasi sumber daya kesehatan penting untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan merespon terhadap krisis kesehatan," ujarnya. 

Ketiga adalah optimalisasi pengawasan geonomik dan penguatan mekanisme berbagi data tepercaya untuk memberikan insentif bagi kesehatan masyarakat global yang kuat. 

"Mengoptimalkan platform berbagi data geonomik global yang dipercaya oleh ilmuwan di seluruh dunia. Dengan begitu keharmonisan data di seluruh dunia bisa tercapai dan bisa bersama-sama melawan pandemi covid-19," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT