08 March 2022, 05:50 WIB

Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Matematika


Dr Intan Muchtadi |

MEDIA penunjang pembelajaran di rumah menjadi salah satu hal yang dibutuhkan guna mengatasi kesulitan belajar, khususnya pada pelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar. Apalagi semenjak aktivitas pengajaran dilakukan secara daring akibat pandemi yang belum kunjung usai.

Kesulitan belajar matematika secara daring yang kerap timbul ialah rendahnya motivasi belajar untuk mengulang dan latihan. Hal itu dipengaruhi beberapa faktor, seperti sulitnya materi, media pembelajaran kurang menarik, keterbatasan waktu, dan jangkauan guru dalam penyampaian pembelajaran. Selain itu, keterbatasan orangtua, baik dari segi waktu, finansial, maupun kemampuan pedagogiknya. Di satu sisi, matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan banyak latihan untuk menguasainya.

Dalam upaya mengatasi rendahnya motivasi belajar matematika, Kelompok Keahlian Aljabar FMIPA ITB berkolaborasi dengan Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multi Media Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB merancang sebuah mobile game Super Aritmatika. Mobile game berbasis Android tersebut berisi tentang materi perkalian dasar dengan konsep penjumlahan berulang. Super Aritmatika versi beta yang diluncurkan pada Desember 2020 lalu bisa diunduh secara gratis dan diharapkan dapat menjadi media penunjang pembelajaran matematika, khususnya materi perkalian sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari ITB untuk Indonesia.

Selama ini, perkalian kerap kali menjadi materi yang mulai dirasa sulit oleh siswa ketika belajar aritmatika dasar karena konsep yang lebih kompleks. Selain itu, bentuk latihan yang diberikan pada siswa cenderung berupa soal drill di atas kertas dengan dominasi angka dan simbol matematika. Bahkan, para orangtua sering kali mengabaikan penekanan konsep penjumlahan berulang dan langsung berfokus pada hafalan tabel perkalian agar proses belajar menjadi lebih cepat. Hal itu yang kemudian memicu rendahnya motivasi belajar hingga memengaruhi tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa.

Solusi lain dalam meningkatkan motivasi belajar ini ialah dengan menghadirkan media penunjang pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi sesuai dengan kurikulum, karakter, dan perkembangan kognitif siswa. Oleh karena itu, mobile game Super Aritmatika hadir untuk membantu siswa dalam berlatih perkalian dengan konsep penjumlahan berulang yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, baik secara mandiri maupun dengan bimbingan orangtua.

 

Game Super Aritmatika

Super Aritmatika dirancang untuk siswa sekolah dasar guna membantu mereka dalam belajar perkalian. Berbeda dengan mobile game  matematika bertema perkalian pada umumnya, Super Aritmatika menyajikan permainan bertema perkalian dengan konsep penjumlahan berulang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, Super Aritmatika menyajikan persoalan matematika secara tematik dengan tema petualangan menelusuri tata surya sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna kepada siswa.

Permainan dimulai ketika pemain harus menyelamatkan planet-planet yang diambil alih alien dan sekutunya dengan menyelesaikan persoalan matematika yang ada di setiap planet. Berawal dari planet Merkurius yang berisi persoalan matematika dengan perkalian satu dan dua hingga planet Neptunus yang berisikan persoalan matematika perkalian campuran 1 sampai 10 dengan waktu yang terbatas.

Dalam gim tersebut, persoalan matematika disajikan menyatu dalam gameplay dan ditampilkan dengan audio visual yang menarik. Menampilkan lebih banyak representasi ikonis, yakni representasi berbasis gambar yang menampilkan objek konkret sebagai alat bantu hitung serta diimbangi dengan representasi simbolis, yakni representasi berbasis bahasa dalam bentuk kode atau simbol matematika guna menyesuaikan perkembangan kognitif siswa. Mengingat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasi konkret (concrete operational stage) yang mana termasuk dalam masa peralihan antara representasi ikonis dan simbolis.

Tampilan persoalan matematika seperti ini dapat mengurangi kesan belajar dan suasana seperti sedang menjawab soal ujian saat memainkan permainan dengan materi perkalian yang cenderung dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Secara tidak langsung, mereka dituntut untuk aktif mencari tahu dan menemukan jawabannya sendiri dari persoalan matematika yang ada sehingga bukan hanya kemampuan perkalian, melainkan kemampuan pemecahan masalah juga turut dilatih melalui mobile game tersebut.

Selain itu, pemanfaatan perkembangan teknologi, khususnya, mobile game sebagai media pembelajaran juga dirasa sesuai dengan kondisi siswa sekolah dasar masa kini yang termasuk dalam generasi digital native yang mana penggunaan perangkat mobile dan bermain mobile game sudah menjadi hal yang biasa bahkan lebih disenangi.

Gim Super Aritmatika versi beta tersebut sudah diperkenalkan dan diujicobakan pada beberapa siswa sekolah dasar, khususnya kelas tingkat bawah di Kota Bandung dan Kampung Areng, Lembang, melalui komunikasi daring yang berisi tautan untuk mengunduh permainan, petunjuk pemasangan pada perangkat, hingga formulir umpan balik. Hasil umpan balik menunjukkan mayoritas siswa sangat senang memainkan permainan tersebut dan dapat menyelesaikan persoalan matematika yang disuguhkan dalam kurun waktu yang relatif singkat. Beberapa siswa yang bahkan belum hafal perkalian 1 sampai 10 dapat mempertajam kemampuan perkaliannya melalui permainan tersebut.

 

Cara bermain 

Untuk dapat memainkan gim Super Aritmatika, cukup sederhana. Setelah permainan terpasang dalam perangkat, siswa dapat langsung memulai permainan pada lokasi planet yang sudah terbuka. Selanjutnya mereka akan diminta memasukkan jumlah peluru pada tembakan laser untuk melawan alien sekutu dengan jumlah tertentu. Apabila siswa berhasil melawan seluruh alien sekutu, lokasi selanjutnya akan terbuka dan siswa akan mendapat bintang tabel perkalian yang dapat digunakan untuk mengulang ataupun menghafal materi perkalian.

Untuk memudahkan siswa memahami cara bermain, gim Super Aritmatika dilengkapi dengan video prolog dan tutorial pada awal permainan yang dapat dilihat kembali di tengah permainan. Adapun fitur papan skor dan koleksi bintang perkalian dapat mempermudah orangtua mengetahui progres dan capaian putra-putri mereka dalam permainan. (M-4)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT