07 March 2022, 17:54 WIB

Wapres Harapkan Persoalan SDM di RRI Bisa Tuntas 


Emir Chairullah |

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menginginkan agar persoalan sumber daya manusia (SDM) yang kini sedang dihadapi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) bisa dituntaskan. 

Dirinya berencana membahas permasalahan tersebut dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

“Tentang masalah-masalah SDM, terkait dengan masalah PNS yang ada, saya akan coba nanti bicarakan dengan Menteri PANRB. Tentunya kita harus berpegang pada regulasi, pada aturan yang ada,” kata Ma’ruf Amin saat menerima secara daring jajaran Dewan Pengawas dan Direksi LPP RRI, Senin (7/3). 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Anggota Dewan Pengawas Mohamad Kusnaeni, Direktur Program dan Produksi Mistam, Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha Yonas Markus Tuhuleruw, Direktur Teknologi dan Media Baru Muhamad Sujai, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Dedi Suparman, serta Direktur Keuangan Muhammad Fauzan. Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi. 

Ma’ruf berharap agar persoalan yang dihadapi RRI tidak merugikan pegawai. “Yang penting, prinsip kita itu jangan merugikan, jangan ada pihak-pihak yang dirugikan,” imbuhnya. 

Pernyataan Ma’ruf diungkapkan menanggapi permintaan Ketua Dewan Pengawas Anwar Mujahid Adhy Trisnanto yang mengharapkan pemerintah menguatkan kelembagaan LPP RRI. Anwar meminta agar pemerintah mengangkat PBPNS di LPP RRI sebagai PNS. 

Baca juga : Sekolah.mu Sediakan Kelas Bahasa Inggris Daring dengan Kurikulum Cambridge

Saat ini PBPNS tersebut berjumlah 3.434 pegawai yang diangkat oleh Dewan Direksi untuk memenuhi kebutuhan sekitar 4.000 PNS yang telah memasuki masa pensiun selama kurun 1999 hingga 2021. 

“RRI sangat berharap PBPNS yang ada di RRI sebanyak 3.434 pegawai dapat di-inpassing menjadi PNS sebagai wujud kehadiran negara dalam penguatan RRI sebagai lembaga penyiaran publik,” kata Anwar. 

Pada kesempatan itu, Wapres mengapresiasi rencana LPP RRI yang akan menggelar Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) tingkat nasional yang ke-52. Merespon penyelenggaraan acara ini, Wapres memberikan apresiasi dan berharap kegiatan ini dapat membuat bulan Ramadan lebih semarak sebagai bulannya Al-Qur’an. 

“Pekan Tilawatil Qur’an LPP RRI tingkat nasional yang ke-52, saya menyambut baik karena ini memang sesuatu yang sejak lama dilakukan, dan saya berharap ini akan terus memberikan kesemarakan di bulan Ramadan yang memang sebagai bulannya Al-Qur’an atau bulan turunnya Al-Qur’an,” katanya. 

Lebih lanjut, Ma’ruf menyatakan kesediaannya untuk membuka acara yang akan digelar di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi NAD, yang akan diselenggarakan selama sepekan mulai 13-17 Ramadan 1443 Hijriah. 

“Atas permintaan untuk membuka atau menutup, insya Allah kalau saya tidak bisa hadir langsung, saya juga bisa virtual, tinggal nanti saya akan menyesuaikan tanggalnya,” sambut Ma’ruf gembira. (OL-7)

BERITA TERKAIT