25 February 2022, 20:35 WIB

Rata-Rata Kematian Pasien Covid-19 Berusia 60 Keatas


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

BERDASARKAN data dari Kementerian Kesehatan per 1 Desember 2021 hingga 16 Maret 2022 proposi yang meninggal berdasarkan usia, rata-rata pasien covid-19 yang meninggal berusia 60 tahun ke atas dengan presentase 13%

"Pada usia anak memang rendah tapi paling tinggi pada anak angka kematiannya anak balita 0-4 tahun 0,6% kemudian meningkat presentasenya pada usia mulai dari 35 tahun," kata Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Dokter Pandu Riono dalam konferensi pers daring, Jumat (25/2).

Sehingga bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi usia maka semakin tinggi kematian. Oleh karena itu kematian menjadi masalah yang penting dengan dilakukan vaksinasi.

Pandu menyebutkan angka kematian di Tanah Air lebih rendah dibandingkan negara-negara lain yang disebabkan karena struktur demografi dan program vaksinasi sudah cukup tinggi. Apalagi lansia diwajibkan vaksinasi.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Bitung, Presiden Minta Booster untuk Lansia Disegerakan 

"Karena yang membedakan pola pandemi di seluruh dunia yang paling konsisten adalah kelompok pada lansia usia 60 tahun ke atas. Dan pada ledakan omikron kematian terbesar ada ada di umur lansia, baik lansia dengan komorbid atau tidak karena 1 orang bisa memiliki 2-3 risiko," ujar Pandu

Selain itu, angka kematian yang paling terjadi terbanyak adalah pasien yang belum divaksinasi, meski vaksinasi baru 1 dosis risikonya rendah dengan presentase kematian hanya 2,4% kemudian setelah disuntik 2 dosis risiko kematian hanya 0,5%.

"Artinya secara agregat vaksinasi 2 dosis jauh menekan angka kematian karena itulah manfaat vaksinasi sangat besar dan itu menjadi andalan kita kalau mau menyelesaikan pandemi ini tanpa itu kita tidak bisa menyelesaikan pandemi ini," ungkapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT