13 February 2022, 10:15 WIB

Tegakkan Prokes, Ketua Satgas Turun ke Jalanan Ibu Kota Bagikan Masker


Atalya Puspa |

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto turun menyusuri jalanan, pasar dan perkampungan Ibu Kota untuk membagikan masker kepada masyarakat. Aksi tersebut dilakukan guna memberikan dukungan langsung kepada masyarakat agar penerapan protokol kesehatan, khususnya memakai masker dapat ditegakkan, seiring dengan peningkatan angka kasus covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini sebagai tindak lanjut menegakkan protokol kesehatan khususnya 3 M. Tiga M ini yang paling penting adalah memakai masker. Seiring dengan peningkatan kasus covid-19, ini tentunya perlu disikapi oleh kita semua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," ungkap Suharyanto dalam keterangan resmi, Minggu (13/2).

Lokasi pertama yang disambangi mantan Pangdam V Brawijaya itu adalah Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Di pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak 1820 itu, Ketua Satgas membagikan masker medis 3 lapis kepada para penjual dan pembeli serta masyarakat yang sedang beraktivitas.

Usai membagikan masker di Pasar Baru, Ketua Satgas bersama rombongan kemudian menuju ke ITC Roxy Mas di Cideng, Jakarta Pusat. Di kawasan pusat penjualan gawai elektronik dan telepon genggam itu, Ketua Satgas memberikan masker kepada para tukang ojek, dan pengguna jalan lainnya.

Beberapa pedagang kaki lima berikut para pembelinya juga tak luput dari uluran masker yang diberikan langsung oleh Ketua Satgas. Selain membagikan masker, Suharyanto juga mengimbau mereka agar selalu mengenakan masker setiap beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi. "Ini tolong dipakai ya. Mari kita cegah penularan covid-19 dengan selalu mengenakan masker," pinta Ketua Satgas kepada warga.

Selepas pembagian masker di kawasan Cideng, Ketua Satgas meluncur ke lokasi berikutnya yakni Pasar Bendungan Hilir. Kehadiran Ketua Satgas berikut rombongan segera mendapat respon yang baik oleh masyarakat. Beberapa masyarakat yang menerima masker itu merasa terbantu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli masker.

Adapun pembagian masker itu merupakan giat hari kedua yang telah dilakukan BNPB. Total pembagian masker pada Sabtu (12/2), telah dilakukan di 45 kelurahan di DKI Jakarta. Pendistribusian masker ini juga dilakukan atas kerja sama dengan pihak kelurahan yang dibantu TNI dan Polri di setiap wilayah.

BNPB menargetkan pendistribusian 10 juta masker selama kurun waktu 4 bulan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,5 juta masker ditargetkan dapat terdistribusi dalam tiga hari pada 135 titik yang ada di DKI Jakarta. Setiap titik mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 masker yang diperuntukkan untuk warga di perkampungan atau pun ruang publik.

Turut hadir membagikan masker meliputi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Inspektur II BNPB Yulianto, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum BNPB Eny Supartini, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dan pejabat serta staf BNPB lainnya.(Fer/H-1)

 

BERITA TERKAIT