09 February 2022, 15:00 WIB

Presiden Jokowi: Pemerintah Selalu Junjung Kebebasan Pers


Andhika Prasetyo |

PRESUDEN Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan selalu menjunjung tinggi kebebasan pers di Tanah Air.

Ia menjamin profesi wartawan akan memperoleh perlindungan sebagaimana telah diatur di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

"Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar dunia, kebebasan pers adalah pilar penting kemajuan Indonesia. kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang," ujar Jokowi dalam perayaan Hari Pers Nasional secara virtual, Rabu (9/2).

Ia pun memastikan bahwa pemerintah akan selalu membuka diri terhadap kritik dan saran yang disampaikan oleh insan pers.

Baca juga: Jokowi Sepakat Regulasi "publisher rights" segera Ditebitkan

Jika ada kebijakan atau program yang kurang dan perlu diperbaiki, itu harus dikemukakan. Jika ada kerja yang masih lambat, itu bisa disampaikan sehingga akhirnya bisa didorong menjadi lebih cepat.

Namun, sebaliknya, jika ada capaian-capaian positif yang sudah diraih, itu tentu juga perlu diapresiasi secara layak.

Semua itu, sambung kepala negara, sangat dibutuhkan untuk mewujudkan cita-cita besar bersama yakni Indonesia maju.

"Pemerintah menyadari bahwa kerja besar transformasi bangsa ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan," ujarnya.

"Oleh karena itu, kami selalu terbuka menerima masukan masukan dari Insan pers agar langkah-langkah besar ini betul-betul bisa tereksekusi dan dijalankan di lapangan sehingga membawa perubahan dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia," ucap mantan wali kota Solo itu.

Ia juga berpesan kepada insan pers untuk membantu menyukseskan beragam agenda besar yang akan dihelat Indonesia pada tahun ini.

Sebagaimana diketahui, untuk pertama kalinya, Indonesia ditunjuk sebagai Presidensi G20 2022. Pada Maret mendatang, Indonesia tepatnya di Mandalika juga akan menggelar ajang balap bertaraf internasional yaitu MotoGP.

"Pers punya tugas besar untuk menyukseskan agenda-agenda penting tersebut. Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan berharga yang kita miliki dengan menyampaikan kabar-kabar baik

Tunjukkan ketangguhan dan kekuatan kita, kekompakan, persatuan, gotong royong dan solidaritas yang menjadi modal penting kita dalam menghadapi pandemi," tandas Jokowi. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT