02 February 2022, 23:10 WIB

Rusun Daan Mogot Disiapkan jadi Tempat Isolasi Terpadu


Mediaindonesia.com |

DUA tower di Rumah Susun Daan Mogot Jakarta Barat disiapkan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien positif COVID-19 guna mengantisipasi jika kapasitas rumah sakit sudah tidak bisa menampung lagi.

"Sementara ini tower enam dan tower tujuh di Rusun Daan Mogot disiapkan jadi tempat karantina pasien COVID-19," kata Kepala Satuan Prasarana Unit Pengelola Rumah Susun Daan Mogot, Hendi Radewa, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (2/2).

Baca juga: Untar-Unhas Kolaborasi Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka 

Hendi mengantakan, rencana ini sudah rampung setelah Badan Nasional Penanggalan Bencana (BNPB) melakukan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI pada Desember 2021.

Nantinya, 520 hunian yang ada di dua tower itu akan dijadikan ruang isolasi mandiri. Setiap huniannya diisi dua tempat tidur, satu ruang tidur dan satu kamar mandi. "Jadi kalo ditotal mungkin 1.040 untuk dua tower," kata dia.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan beberapa persiapan di antaranya menyiapkan tempat tidur. Beberapa fasilitas kesehatan juga sudah disiapkan guna memfasilitasi para pasien.

Walau fasilitas sudah mulai disiapkan, Hendi mengaku para tenaga kesehatan dan petugas keamanan belum ditugaskan di lokasi.

Dia memperkirakan para petugas keamanan dan tenaga kesehatan akan bertugas setelah rusun sudah menerima pasien COVID-19 dan fasilitas sudah lengkap.

"Kalau memang nanti sudah ada fasilitas lengkap mungkin satgasnya baru standby sih kayaknya," jelas dia.

BERITA TERKAIT