28 January 2022, 14:10 WIB

BNPB Persiapkan Pelaksanaan GPDRR 2022


Atalya Puspa |

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyelenggarakan pertemuan untuk membahas persiapan rapat panitia nasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. Pertemuan berlangsung di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Bali. Menurut Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati pertemuan juga melibatkan perwakilan kementerian, TNI, Polri, dinas di lingkungan Provinsi Bali serta pengelola ITDC.

Pada pertemuan itu, yang berlangsung Kamis (27/1) itu, Raditya menekankan agenda survei dan rapat tingkat menteri (RTM) sebagai bagian dari Panitia Nasional GPDRR) 2022. “Pertemuan ini untuk mempersiapkan rapat tingkat menteri yang membahas beberapa isu penting, termasuk format kegiatan, protokol kesehatan,” ujar Raditya Jati dalam keterangan resmi, Jumat (28/1).

Dia menjelaskan bahwa diskusi ini merupakan rangkaian pertemuan rapat tingkat menteri yang akan berlangsung pada Jumat ini (28/1). Rapat akan didahului peninjuan beberapa fasilitas dimulai dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan dilanjutkan menuju Bali International Convention Centre dan Bali Nusa Dua Convention Centre.

Diagendakan beberapa menteri dan kepala lembaga, Kapolri dan pejabat tinggi TNI serta kementerian/lembaga yang masuk dalam kepanitiaan nasional GPDRR 2022 melakukan kunjungan kerja untuk survei dan pembahasan dalam rangka persiapan pertemuan tersebut.

Kepanitian ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana ke-7 Tahun 2022. Panitia Nasional ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, sedangkan Wakil Ketua I Letnan Jenderal Suharyanto dan Wakil Ketua II Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.(H-1)

 

BERITA TERKAIT