28 January 2022, 11:20 WIB

Membuat Cita Rasa melalui Ekshibisi Roasting


mediaindonesia.com |

PROSES roasting (menyangrai/memanggang) menjadi salah satu bagian penting dalam menyajikan kopi. Ketika biji kopi mentah (green bean) yang berkualitas di-roasting dengan baik, hasilnya ialah kopi yang nikmat.

Untuk memfasilitasi para peminat kopi belajar praktik me-roasting, Festival Pesona Kopi Agroforestry 2022 menyediakan fasilitas roasting untuk dipakai secara cuma-cuma dalam kegiatan Ekshibisi Kopi Roasting. Bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, pengunjung bisa mencoba ekshibisi ini sepanjang penyelenggaraan festival pada 25-27 Januari.

Roastery dan pendiri Oleto Coffee, Iwan Setiawan, yang juga memandu jalannya ekshibisi roasting, menjelaskan kegiatan ini diadakan untuk mengedukasi mereka yang ingin mencoba roasting kopi. Terlebih, banyak pelaku perkopian seperti petani dan barista yang berkunjung ke festival ini.

Baca Juga: Animo Pengunjung Tinggi Animo Pengunjung Tinggi

Dia mencontohkan salah satu peserta ekshibisi yang merupakan petani dari Kalimantan. Di daerahnya, petani ini mengaku menggunakan kuali untuk menyangrai sehingga ingin mencoba menggunakan mesin roasting modern.

“Ketika dia nge-roasting, saya mencatat roasting log atau catatan perjalanan, naik turunnya suhu dari mulai green bean dimasukan, dipanggang dari mulai mentah sampai matang. Dari situ kalau kita belajar me-roasting akan tahu kenapa rasanya jadi begini,” jelas Iwan saat ditemui, Kamis (27/1).

Salah satu yang menentukan keberhasilan roasting ialah pemilihan biji kopi yang mau diroasting. “Kualitas biji kopi juga menentukan. Contoh kemarin, dua orang bawa robusta, yang satu biji kopinya benar, petik merah. Begitu selesai roasting, hasilnya cakep,” katanya.

Sebaliknya, peserta yang membawa biji kopi kurang baik, seperti masih ada warna putih di bijinya, akan menghasilkan kopi yang kurang enak. Karena itu, kata Iwan, hal pertama yang harus diperhatikan saat mau me-roasting ialah memilih green bean yang matangnya merata. “Kualitas bagus itu petik merah, ukurannya relatif seragam, ketika di-roasting menghasilkan kopi yang bagus,” jelasnya.(Ifa/S-2)

BERITA TERKAIT