26 January 2022, 17:02 WIB

Kasus Positif Covid-19 Melonjak Dalam Beberapa Hari


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KETUA Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Achmad Yurianto mengingatkan bahwa masyarakat harus terus waspada dan perlu meningkatkan keamanan protokol kesehatan karena kasus covid-19 yang diakibatkan varian omikron membuat angka positif meningkat drastis.

Oleh karena itu pandemi covid-19 tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang bukan ancaman. Diinformasikan bahwa dalam beberapa hari terakhir per tanggal 22-25 Januari 2022 penambahan kasusnya menunjukkan penambahan yang luar biasa.

Tanggal 22 dalam sehari bertambah kasus baru 3.205 orang, besoknya bertambah sebanyak 2.925 orang, kemudian tanggal 24 bertambah 2.927 orang, dan tanggal 25 bertambah 8.878 kasus baru.

"Ini harus kita maknai bahwa ancaman itu ada di sekitar kita bahkan kalau lebih teliti kita lihat dari kasus omikron saja 1.766 kasus yang teridentifikasi hampir separuh dari penularan lokal," kata Achmad dalam launching Nomor Identitas Peserta JKN Menggunakan NIK secara daring, Rabu (26/1).

Baca juga: Ini Langkah Mitigasi dari Satgas Covid Jika Ditemukan Kasus Positif pada PTM

Oleh karenanya Achmad mengajak masyarakat menguatkan komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan, karena kalau tidak maka akan terpapar virus dan berbahaya juga bagi orang sekitar.

"Ingat virus ini tidak pernah sekolah virus ini tidak akan memilih orang yang dipapar. Jadi mari kita menyadari ini mudah-mudahan ini menjadi acuan bagi kita untuk semakin mematuhi protokol kesehatan," ujar Achmad.

Achmad menegaskan bahwa orientasi BPJS Kesehatan fokus pada kepuasan pelanggan baik peserta JKN-KIS atau pemberi layanan kesehatan.

"Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa yang fundamental dari sebuah kepuasan layanan adalah terjaminnya mutu layanan yang baik disertai terkendalinya biaya layanan secara maksimal ini kunci," ungkapnya. (A-2)

BERITA TERKAIT